Pre-Competition Concert ICT 2009: Konser Pengantar Keberangkatan PSM ke Eropa

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - "ICT 2009 adalah tur internasional ketiga yang diadakan oleh PSM-ITB untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada dunia, dalam bentuk rangkaian kegiatan yang meliputi : mengikuti 2 kompetisi paduan suara internasional (international choral competition), 1 festival internasional, dan mengadakan 8 konser kebudayaan (cultural concert) di Republik Czechnya, Italia, Spanyol, dan Perancis. ITB Choir akan mengikuti 48° International Choir Competition Seghizzi 2009 di Gorizia, Italia. Kemudian mereka akan mengikuti Festival Internacional de Música de Cantonigròs, Spanyol pada tanggal 16-19 Juli 2009. Festival terakhir yang akan diikuti PSM-ITB adalah 14ème Festival Choral International en Provence, Prancis. Di antara jadwal yang padat tersebut, masih ada jadwal untuk konser di kota-kota lainnya.
Keikutsertaan ITB Choir dirangkum dalam kegiatan ITB Cultural Tour (ICT) 2009 yang merupakan cultural tour ketiga yang diselenggarakan oleh Paduan Suara Mahasiswa ITB. Sebelumnya PSM ITB pernah menyelenggarakan ICT pada tahun 2004 dan 2006 dalam keikut sertaan di Olimpiade Paduan Suara. Pada tahun 2004 ITB Choir mendapatkan 2 medali perak dari 2 kategori yang diikuti, dan pada tahun 2006 ITB Choir merebut 2 medali emas dan 2 medali perak dari 4 kategori yang diikutinya. Sebelum berangkat untuk kompetisi PSM ITB terlebih dahulu akan menyelenggarakan Pre-Competition Concert di Bandung dan Jakarta. Salah satu tujuan konser adalah sebagai ajang uji coba sebelum berangkat. "Program ini merupakan salah satu target kami dari program pembinaan berkelanjutan yang telah dilakukan sejak 2006Â"," ujar Bapak Indra Listiyanto, dirigen dan direktur musik dari Paduan Suara Mahasiswa ITB. Pada ICT 2009, PSM-ITB diwakili oleh 43 penyanyi dengan komposisi 12 sopran, 10 alto, 10 tenor, dan 11 bass, yang terdiri dari mahasiswa dan alumni.



Pada hari Sabtu(09/05/09), bertempat di Aula Barat ITB, dengan dipimpin oleh konduktor sekaligus pengarah musik, Indra Listiyanto, malam itu ITB Choir mempersembahkan laguÂ-lagu Internasional dan Tradisional dalam 2 sesi. Sesi pertama diisi dengan laguÂ-lagu yang termasuk dalam kategori historical programme ; contemporary music ; monographic programmes of polyphonic compositions written between 1900 to the present day yang diwakili oleh lagu Fair Phyllis John Farmer; Un sonet per tu Poema de Miguel Marti, Musica de Josep Vila I Casanas; Water Michaela Erasova; Jokpiniana No. 1 Ananda Sukarlan (1962); Karimata Nu Kuicha Ko Matsushita; dan 6 lagu lainnya. Sesi kedua dibuka dengan lagu Sin Sin Sibatumanikam Tilo-Tilo (lagu daerah Tapanuli) dan Bengawan Solo. Dilanjutkan dengan laguÂ-lagu daerah, secara berturutÂ-turut, Luk-luk Lumbu (Banyuwangi), Soleram (Melayu), Bubuy Bulan (Sunda), Wor (Biak, Papua), dan Janger (Bali). Hal yang menarik, penampilan PSM tidak hanya menyanyi, tapi juga melakukan gerakan dan tarian tradisional yang atraktif dan enerjik dalam lagu Jokpiniana No. 1, Karimata Nu Kuicha, Luk-luk Lumbu, Wor, dan Janger, disambut dengan riuh tepuk tangan penonton. Acara ditutup dengan pembawaan lagu Mars ITB.



Pre-Competition Concert ICT 2009 berikutnya akan dilaksanakan 12 Juni 2009 di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta. Untuk pemesanan tiket dan informasi, hubungi Nathan - 085255330808 atau melalui e-mail ke itb_cultural_tour09@yahoo.com.

scan for download