Lantunan Keragaman dalam ITB Student Choir in Concert 2011

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG,itb.ac.id - Penampilan menawan kembali ditampilkan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB dalam ITB Student Choir in Concert 2011 pada Kamis (26/05/11) lalu bertempat di Aula Barat ITB. Konser yang bertajuk "Joyful Harmony on the Earth" ini mengandung makna fungsi musik, yaitu menyebarkan kegembiraan pada masyarakat.

Konser dibuka dengan alunan lagu berjudul William Tell Overture yang mampu membangkitkan semangat penonton. Selanjutnya, lagu-lagu berjudul In Stiller Nacht, Die Wollust in der Wallen, As Torrent in Summer, Lay a Garland berurutan menyapa pendengaran penonton pada malam itu. Kemudian lagu berjudul As Long As I Have Music yang dibawakan oleh anggota termuda PSM tak kalah indahnya menghibur para penikmat musik yang datang. Lagu unik dengan aransemen menarik asal Haiti berjudul Twa Tanbou menutup sesi satu konser sebelum istirahat selama 15 menit.


Alunan lagu How Can I Stop Singing My Song membuka sesi dua penampilan pada malam itu, disusul dengan lagu Spanyol berjudul Te Quiero dan lagu berbahasa Inggris berjudul Beautiful Girl yang dipopulerkan oleh Jose Mari Chan. Tak lupa, lagu- lagu buatan anak negeri pun dilantunkan, seperti  lagu yang dipopulerkan oleh Gita Gutawa berjudul Sempurna. Menariknya, dalam konser tersebut syair berjudul Aku Ingin karangan Sapardi Djoko Damono dinyanyikan dalam bentuk paduan suara yang berhasil memukau penonton. Pada akhir konser, ada kejutan berupa tambahan lagu berjudul Thank You for The Music yang dinyanyikan oleh penampil sambil berjalan mendekat pada penonton. Penasaran dengan penampilan PSM selanjutnya? Akan ada ITB Cultural Tour Pre-Competition Concert pada tanggal 23 Juli 2011 yang merupakan konser preliminary sebelum keberangkatan tim PSM untuk mengikuti festival  internasional di Italia pada akhir tahun ini.


Sepak Terjang dalam Dunia Paduan Suara


"Sebagai salah satu unit terbesar di kampus ITB, konser PSM turut menjadi barometer perkembangan dunia musik di lingkungan kampus ITB", ujar Indradarma Adiwibowo (Teknik Material 2008) sebagai ketua PSM 2011/2012 dalam sambutannya. Sepak terjang unit yang berdiri pada 11 Februari  1962 ini memang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai prestasi yang telah diraih PSM ITB diantaranya 2 medali emas dan 3 medali perak pada The 4th World Choir Games 2006 di Xiamen, Cina. Selain mengikuti berbagai festival dan konser bertaraf internasional, PSM ITB juga mengadakan konser yang diadakan setiap tahun sejak 2008, Festival Paduan Suara (FPS) skala nasional  dan pada tahun ini untuk pertama kalinya PSM mengadakan FPS internasional.


scan for download