Podcast ITB Press Show: Kunci Sukses Bisnis Alumnus ITB Pendiri Engineer Workwear, Fokus pada Kualitas dan Pelayanan

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Episode terbaru podcast "ITB Press Show" mengundang pendengar menjelajahi dunia unik identitas engineer melalui perspektif fesyen. Podcast episode ketiga ini mengundang Faizal Nur Karim, alumnus ITB sekaligus pendiri Engineer Workwear.

Dipandu Duta Kampus ITB 2023, Aghniyya Rahmatilla (Desain Interior, 2021), podcast ini mengisahkan latar belakang dan inspirasi di balik pendirian Engineer Workwear. Faizal Nur Karim juga bercerita tentang berbagai pengalaman menarik dan perjalanannya mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut berkaitan dengan aspek literasi, desain, gaya, identitas, serta kebanggaan yang berhubungan dengan pakaian kerja.

Faizal menguraikan bagaimana dirinya menyadari kekurangan inovasi dalam pakaian kerja engineer. Hal itu mendorongnya menciptakan Engineer Workware. Dia menjelaskan betapa pentingnya identitas engineer tercermin dalam pakaian kerja.

Karya yang dibuatnya pun berkaitan dengan lingkungan tropis Indonesia sehingga perlu pakaian kerja yang cocok dengan iklim. “Seharusnya tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga mencerminkan gaya dan kebanggaan,” ujarnya.

Podcast ini pun membahas tantangan menciptakan pakaian kerja yang memenuhi standar keselamatan namun tetap modis. Dia menyoroti pula pemilihan material yang cocok untuk kebutuhan pekerja di Indonesia, termasuk bahan yang dapat menyerap keringat di cuaca tropis yang panas.

Kisah pencarian konsep hingga peluncuran produk Engineer Workware juga menjadi salah satu bahasan. Dalam hal ini, tekad Faizal sangat terlihat untuk meningkatkan kualitas kerja dan keselamatan engineer.

Episode ini mengungkap betapa pentingnya mendengarkan konsumen dalam pengembangan produk yang telah membantu Engineer Workware berkembang menjadi salah satu merek terkemuka di industri workware.

Selain itu, Faizal berbicara tentang tantangan menghadapi produk tiruan di industri kreatif dan menggarisbawahi pentingnya berfokus pada kualitas dan pelayanan demi membedakan produk asli dan palsu.

Dengan visi yang kuat dan komitmen untuk berinovasi, Engineer Workware terus menapaki jalan sukses dalam dunia workware dan industri kreatif. Dari keputusan berani hingga pengembangan produk berkualitas tinggi, perjalanan Engineer Workware memberikan inspirasi bagi para pekerja dan pelaku bisnis di Indonesia.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download