ITB Press Show Episode 4 Ajak Eksplorasi Ide-ide Out of The Box

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – ITB Press Show yang memasuki episode 4 membahas topik "Cara Gokil Bikin Produk Gokil: Mengeksplorasi Ide-ide Out of the Box", yang diunggah melalui Youtube ITB Press, Selasa (12/09/2023). Podcast ini dipandu Wildan Firmansyah (Wirausaha ITB, 2024) sebagai Duta Kampus ITB 2023 bidang Duta Wirausaha.

ITB Press Show merupakan platform diskusi yang melibatkan alumni ITB dan masyarakat umum. Tujuannya untuk memfasilitasi pertukaran ide, pengetahuan, dan inspirasi antara alumni ITB dan audiens, sambil menggali kontribusi alumni di berbagai bidang.

Pada episode kali ini, narasumber yang hadir yaitu Sabar Situmorang, seorang creativepreneur dan CEO Rockets Indonesia. Sabar Situmorang, alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB dengan latar belakang Desain Interior, berbagi pengalaman dan pandangannya tentang menjalankan bisnis kreatif.

Salah satu prinsip yang dia pegang adalah konsep "Context 111" yang mencakup tiga aspek penting: individu sebagai pembelajar, ide, dan target pasar. Menurutnya, setiap ide harus memiliki konteksnya sendiri, dan seorang wirausaha harus memiliki keberanian, kreativitas, dan ketahanan untuk menjalankan bisnis dengan baik.

Sabar juga membagikan cerita tentang perjalanan awal bisnisnya, termasuk bagaimana dia memulainya dengan modal terbatas dan cara dia mengatasi kendala dalam menghasilkan ide-ide gokil yang berhasil diwujudkan menjadi produk yang diminati masyarakat.

Salah satu kunci kesuksesan Rockets Indonesia adalah fokus pada marketing mix yang tepat. Sabar menekankan pentingnya memahami pasar, produk yang sesuai dengan preferensi pasar, harga yang bersaing, lokasi yang strategis, dan promosi yang efektif. Selain itu, dia membagikan pengalamannya menggunakan endorsement selebritas sebagai bagian dari strategi promosinya.

Di akhir sesi, Sabar membagikan pandangannya tentang pentingnya memiliki karakteristik seperti keberanian, kreativitas, dan ketahanan dalam berbisnis, terutama di era digital saat ini. Dia juga menyoroti betapa pentingnya beradaptasi dengan perubahan dan memahami afinitas pasar serta kemampuan untuk menghadapi tantangan dengan gigih.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download