Pentingnya Seni Bercerita bagi Wirausahawan dalam Artha Sandbox 2.0

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) mengadakan acara Artha Sandbox 2.0, pada Jumat (27/10/2023). Dalam kesempatan ini, salah satu alumni SBM ITB, Nathalie Maura Soetopo, menjadi narasumber dalam agenda tersebut.

Pada kesempatan ini Nathalie memaparkan materi mengenai seni bercerita. Sebab, kemampuan seni bercerita menjadi salah satu faktor penting yang dapat membantu wirausahawan untuk sukses.

"Kemampuan untuk menceritakan kisah yang menarik dan memikat adalah kunci untuk terhubung dengan audiens Anda," kata Nathalie.

"Ketika Anda dapat menceritakan kisah yang baik, Anda dapat menarik perhatian orang dan membuat mereka peduli dengan apa yang Anda katakan,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa seni bercerita dapat membantu wirausahawan dalam berbagai aspek, termasuk pada penjualan dan pemasaran, di mana seni bercerita dapat digunakan untuk menarik minat pelanggan. Sekaligus meyakinkan mereka untuk membeli produk maupun layanan yang disediakan.

Kemudian seni bercerita juga bermanfaat sebagai salah satu penunjang pengembangan bisnis. Sebab, kemampuan seni bercerita ini penting bagi wirausahawan untuk menjelaskan ide bisnis kepada investor serta mitra potensial.

Tak hanya itu, Nathalie pun mengungkapkan bahwa seni bercerita dapat digunakan dalam membangun budaya perusahaan yang positif dan menarik.

Dia pun memberikan beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan bercerita bagi wirausahawan, antara lain fokus kepada audiens serta pahami apa yang menarik bagi konsumen atau audiens. Lalu ceritakan kisah yang relevan dengan mereka.

“Gunakan struktur yang kuat, buatlah pembukaan yang menarik, bagian tengah yang meyakinkan, serta penutup yang kuat,” paparnya.

Dia pun menekankan agar para wirausahawan untuk selalu melatih kemampuan bercerita ini. “Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik untuk mencari pencerita,” tuturnya.

Nathalie juga mengungkapkan bahwa seni bercerita adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan dikuasai. Dengan latihan dan dedikasi, wirausahawan dapat meningkatkan keterampilan mereka dan menggunakan seni bercerita untuk sukses dalam bisnis.

Reporter: Fairuuz Fawwas Alfarizi Tantuayo (Kewirausahaan, 2024)


scan for download