Mengasihi, Startup Mahasiswa Kewirausahaan SBM ITB Raih Juara Pertamuda Seed and Scale 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Startup mahasiswa Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB), yakni Mengasihi, berhasil meraih juara dalam kompetisi rencana bisnis berskala nasional, Pertamuda Seed and Scale, untuk kategori Early Stage Startup 2023.

Mengasihi merupakan layanan jasa pembubukkan air susu ibu (ASI) untuk penggunaan personal dengan metode liofilisasi. Metode ini merupakan metode pengeringan beku (freeze drying) yang dapat mempertahankan nutrisi dan kekebalan ASI.

Mengasihi hadir untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh ibu menyusui yang memiliki stok ASI berlebih. Jika disimpan terlalu lama di kulkas, mengakibatkan rasa pada ASI hingga nutrisinya bisa rusak. Namun, dengan proses liofilisasi, ASI dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa merusak nutrisinya.

"Kami memahami kesulitan ibu menyusui yang memiliki stok ASI berlebih. Kami ingin memberikan solusi yang praktis dan bergizi bagi ibu menyusui," kata CEO Mengasihi, Zakaria Khoiri Hermawan pada Selasa (19/12/2023).

Zakaria menjelaskan bahwa Mengasihi menggunakan metode yang dikembangkan sendiri oleh timnya. Metode ini telah diuji di laboratorium dan terbukti dapat mempertahankan nutrisi ASI.

Dengan diraihnya hadiah dari Pertamuda, Mengasihi berencana untuk membangun laboratorium pembubukkan ASI di Bandung. Selain itu, timnya juga sedang mengembangkan riset untuk membuat harga jasa Mengasihi lebih terjangkau.

"Kami berharap Mengasihi dapat menjadi solusi bagi ibu menyusui di Indonesia. Kami juga berharap dapat menjadi legacy di Wirussian (panggilan untuk mahasiswa kewirausahaan SBM ITB) agar dapat terus meneruskan dalam langkah tradisi prestasi," kata Zakaria.

Zakaria juga memberikan pesan kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti ajang perlombaan serupa. Ia berharap mahasiswa dapat mengikuti agenda "Sandbox Environment" IMK Artha ITB oleh Artha Enterprise, untuk mengembangkan lagi ide bisnis yang mereka miliki.

"Sandbox Environment dapat membantu mahasiswa mengembangkan berbagai softskill bisnis. Tanpa adanya kolaborasi dari keilmuan yang lain dan kerja bersama Artha Enterprise, mungkin Mengasihi tidak bisa mencapai titik yang berkelanjutan," ucapnya.

Dengan prestasi yang diraih Mengasihi, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Reporter: Fairuuz Fawwas Alfarizi Tantuayo (Kewirausahaan, 2024)


scan for download