Minggu Pertama TPB ITB Tahun Akademik 2023/2024 Terlaksana dengan Kondusif

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dokumentasi ITB Kampus Jatinangor

BANDUNG, itb.ac.id - Tahap Persiapan Bersama (TPB) merupakan rangkaian tahapan yang harus ditempuh seluruh mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB) guna memberikan landasan sains, seni, dan teknologi bagi mahasiswa baru.

Lebih lanjut, TPB merupakan tahapan untuk menyamakan pemahaman mengenai pengetahuan dasar mahasiswa baru ITB, yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas dari seluruh Indonesia. TPB juga memberikan pengetahuan dasar serta keterampilan supaya setiap mahasiswa semakin siap untuk memasuki pendidikan pada program studi yang diminati.

TPB untuk mahasiswa baru dilaksanakan di Kampus ITB Jatinangor. Ketua TPB ITB, Dr. Tedy Setiawan, mengatakan pelaksanaan TPB yang dimulai pada Senin (21/8/2023) berjalan dengan baik dan kondusif.

"Suasana perkuliahan TPB Tahun Akademik (TA) 2023/2024 berjalan dengan baik. Mahasiswa juga sangat antusias mengikuti kuliah awal. Begitu pula dengan dosen yang berkontribusi dengan sangat baik," ujarnya.

Pada tahun ini ITB menerima sebanyak 5.669 mahasiswa baru. Sebanyak 4.651 di antaranya merupakan mahasiswa baru Program Sarjana yang menjadi peserta TPB TA 2023/2024.

Dr. Tedy mengatakan pada TPB tahun ini terdapat beberapa perubahan baru, mulai dari metode, isi perkuliahan, serta beberapa hal yang memang mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

"Contohnya adanya perkuliahan kolaborasi Perancangan Rekayasa dan Desain, Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKi) serta Bahasa Inggris, dan mata kuliah Pengenalan Komputasi yang telah memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) kepada mahasiswa sejak awal," ucapnya.

Dia berharap dengan adanya TPB ini, mahasiswa baru dapat mempunyai bekal yang baik sebelum memasuki jurusan yang dipilihnya. Sekaligus lebih mengenali kehidupan kampus serta proses adaptasi terhadap kultur kampus.

TPB juga menjadi sebuah proses pematangan emosi dan perilaku dari siswa menjadi mahasiswa, sekaligus untuk menumbuhkan tanggung jawabnya. Maka dari itu, Dr. Tedy pun memberikan pesan terhadap mahasiswa baru yang kini tengah menjalani TPB.

"Selalu semangat, jangan pantang menyerah untuk meraih mimpinya. Kalau ada masalah, silakan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan wali akademiknya," tutupnya.


scan for download