Mengenal Multikampus ITB dan Konsep Green Campus di ITB Jatinangor Melalui DKIJ Podcast

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id – Dalam rangka memperkenalkan konsep multikampus dan menyambut Mahasiswa Baru ITB yang akan melaksanakan Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Kampus ITB Jatinangor, Direktorat Kampus ITB Jatinangor (DKIJ) menyampaikan sosialisasi lewat podcast.

Mengangkat tema “Mengenal ITB sebagai Multikampus dan ITB Kampus Jatinangor sebagai Green Campus”, podcast ini dipublikasikan melalui Youtube ITB Kampus Jatinangor pada Jumat (14/7/2023).

Dipandu oleh Ghifalda Annisa Desomsoni (Duta Wirausaha ITB 2023), DKIJ Podcast episode ini menghadirkan empat narasumber yaitu Yohanes Adrian Biku Pia (Duta Budaya dan Well-Being ITB 2022), Zahrah Faridathul Athifah (Duta Sustainability ITB 2022 dan Duta SDGs Nasional 2022-2023), dan Christy Emerald Hana Pamela (Duta Digital Communication ITB 2022). Ketiga narasumber tersebut merupakan mahasiswa yang berkuliah di Kampus ITB Jatinangor.

Dalam pembukaannya, Ghifalda menjelaskan ITB Kampus Jatinangor memiliki luas sekitar 47 hektar dengan 80% lahan hijau, menciptakan suasana kampus yang asri. Fasilitas yang lengkap dan mendukung kegiatan akademik dan nonakademik juga tersedia di kampus Jatinangor.

Selain itu, ITB juga memiliki kampus di Cirebon dengan luas sekitar 30 hektar, dan kampus di Jakarta. Konsep multikampus ITB tetap mendukung Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya multikampus, ITB dapat menjangkau lebih banyak masyarakat dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang sesuai dengan wilayah tempat kampus berada.

Selanjutnya, Zahra menjelaskan bahwa ITB Kampus Jatinangor dikenal sebagai "Green Campus". Konsep tersebut mengedepankan lingkungan yang hijau dan asri. Keberadaan lahan hijau ini tidak hanya mendukung kegiatan akademik, tetapi juga berperan dalam menanggulangi masalah banjir di sekitar wilayah Jatinangor.

Lebih lanjut, Adrian dan Christy menyebutkan beberapa persiapan yang dilakukan oleh ITB untuk menyambut mahasiswa baru. Persiapan tersebut di antaranya perbaikan dan perluasan gedung kuliah, penambahan ruang kelas dengan teknologi audio-visual, perbaikan sarana olahraga, perluasan lapangan, dan peningkatan akses informasi melalui Student Service Center.

Kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru juga telah disusun, termasuk kegiatan kaderisasi, orientasi studi, keluarga mahasiswa, dan Jatinangor Festival. “Dengan persiapan dan fasilitas yang telah disediakan, ITB bersemangat menyambut mahasiswa baru di kampus Jatinangor,” ujar Ghifalda menutup podcast.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download