ITB Usung Sustainable and Green Campus, Ini Daftar UKA dan UKP dengan Good Housekeeping 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Direktorat Sarana dan Prasarana Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan Evaluasi dan Apresiasi Penatalaksanaan Rumah Tangga yang baik (Good Housekeeping) antar unit kerja di Institut Teknologi Bandung.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya ITB menerapkan konsep sustainable and green campus. Dengan konsep tersebut, perguruan tinggi mewujudkan lingkungan kampus yang ramah lingkungan, meningkatkan efisiensi sumber daya, mendukung prinsip-prinsip berkelanjutan serta sebagai edukasi kepada civitas academica tentang pengelolaan lingkungan yang benar.

Komponen penilaian meliputi dua hal, yakni:

1. Upaya pengelolaan kebersihan, kerapian, dan keindahan lingkungan yang mencakup area dalam ruangan dan luar lingkungan serta area sekitar masing-masing unit kerja.

2. Upaya sosialisasi/edukasi dan penerapan Konsep sustainable and green campus, di antaranya meliputi pemilahan sampah, penghematan air, listrik dan kertas, minimisasi dan daur pakai/ulang limbah, penggunaan energi terbarukan, dll, termasuk aspek penganggaran, organisasi pengelola/pelaksana dan instrumen peraturan internal.

Kegiatan yang melibatkan 9 Unit Kegiatan Akademik (UKA) dan 8 Unit Kerja Pendukung (UKP) ini dimulai dengan penyiapan laporan singkat yang disampaikan dalam bentuk softfile yang memuat deskripsi dan foto-foto bukti dari parameter penilaian kegiatan dari setiap unit pada 1-11 Agustus 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan tahap penilaian dengan verifikasi lapangan pada 12-15 Agustus 2023. Adapun pengumuman penerima penghargaan disampaikan pada 17 Agustus 2023.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan verifikasi lapangan dan evaluasi portofolio, berikut UKA dan UKP dengan Good Housekeeping:

Kategori Good Housekeeping UKA

1. Juara 1: Sekolah Bisnis dan Manajemen

2. Juara 2: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

3. Juara 3: Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dan Fakultas Teknologi Industri

Kategori Good Housekeeping UKP

1. Juara 1: Direktorat Kampus ITB Jatinangor

2. Juara 2: Biro Administrasi Umum dan Informasi

3. Juara 3: Direktorat Kemahasiswaan

Sustainable and Green Campus yang diterapkan ITB menjadi upaya perubahan positif dalam hal berkelanjutan sekaligus memberikan peluang kepada civitas academica untuk memahami, mengembangkan, dan menerapkan solusi-solusi berkelanjutan dalam operasional kampus dan kehidupan sehari-hari demi melestarikan lingkungan.


scan for download