Kompetisi Sepak Bola Wiranto Arismunandar Cup Kembali Bergulir

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Setelah sempat berhenti karena pandemi COVID-19, kompetisi sepak bola Wiranto Arismunandar Cup kembali bergulir tahun ini. Kompetisi ke-24 ini diselenggarakan pada setiap hari Sabtu-Minggu selama November 2022. Kick-off pelaksanaannya dimulai pada Sabtu, 12 November 2022 di Lapangan Sepak Bola Saraga ITB.

Wiranto Arismunandar Cup merupakan perhelatan sepak bola tahunan yang diprakarsai oleh Rektor ITB alm. Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME., yang menjabat periode 1988-1997 dan digelar atas kerja sama antara Sekolah Farmasi ITB, Persatuan Sepakbola ITB, UPT Saraga dan Sabuga ITB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, PSSI Kota Bandung, serta didukung oleh Polisi Sektor Coblong.

Kompetisi ini digelar untuk memperebutkan Piala Bergilir Prof. Wiranto Arismunandar, Piala Tetap Rektor ITB untuk Juara I, Piala Tetap Wakil Rektor Bidang Akademik ITB untuk Juara II, Piala Tetap Kepala UPT Saraga dan Sabuga ITB untuk juara III, serta Piala Tetap Rektor ITB untuk pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan tim Fair Play.

Piala yang diperebutkan dalam kompetisi Wiranto Arismunandar Cup ke-24. (Foto: Fajris Zahrotun Nihayah)

Ketua Pelaksana Wiranto Arismunandar Cup ke-24, Dr. Samsul Bahri, M.Kes., mengucapkan syukur atas terselenggaranya acara ini setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19. Ia juga menyampaikan bahwa tahun ini kompetisi diikuti oleh 32 tim dari sekolah sepak bola se-Bandung Raya dengan rincian 16 tim dari kelompok umur 10 tahun dan 16 tim dari kelompok umur 12 tahun.

Selanjutnya, Dr. Taufiq Mulyanto, S.T., sebagai kepala UPT Saraga dan Sabuga ITB mengucapkan terima kasih dan syukur atas upaya Rektor ITB periode tahun 1988-1997, Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME., dalam meningkatkan semangat olahraga di ITB dan di Bandung.

Sambutan dari Kepala UPT Saraga dan Sabuga ITB, Dr. Taufiq Mulyanto, S.T. (Foto: Fajris Zahrotun Nihayah)

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini termasuk kepada perwakilan keluarga dari Prof. Wiranto yang diwakili oleh Prof. Eko. Melalui acara ini dia berharap adik-adik peserta yang akan bertanding agar dapat meraih prestasi dengan maksimal dan semoga pengalaman ini dapat menjadi sarana untuk berkembang menjadi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Setelah itu, perwakilan keluarga dari almarhum Prof. Wiranto Arismunandar yaitu Prof. Eko menyampaikan ucapan terima kasih kepada ITB dan seluruh panitia yang terlibat. Ia berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi para peserta lomba sekalian.

Wiranto Arismunandar Cup resmi dimulai dengan penyerahan bola secara simbolis kepada wasit dari Kepala Kantor Kealumnian, Dede Koswara, A.Md., S.T., yang mewakili Rektor ITB. Pertandingan pertama kompetisi tersebut dimulai untuk kategori usia 10 dan 12 tahun.

Sesi penyerahan bola secara simbolis oleh Kepala Kantor Kealumnian ITB Dede Koswara A.Md., (kanan) kepada wasit yang bertugas di pertandingan. (Foto: Fajris Zahrotun Nihayah)

Reporter: Fajris Zahrotun Nihayah (Fisika, 2020)


scan for download