ITB Terima Kunjungan Leiden University untuk Perkuat Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan dan Lingkungan Berkelanjutan

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan kunjungan dari Leiden University pada Selasa (19/3/2024) yang bertempat di Ruang VIP, Gedung Rektorat, Jalan Tamansari, Bandung.

Kunjungan ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut mengenai kerja sama ITB dengan Leiden University dan The Indonesia-Netherlands Universities Consortium for Sustainable Futures (INUCoST).

Agenda ini dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.; Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo; Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufiq Hidayat; Kepala Bagian Urusan Kolaborasi Internasional, Andika Putra Pratama, MSM., Ph.D.; Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, Deny Willy Junaidy, S.Sn., M.T., Ph.D.; Dr. Ing Marisa Handajani, S.T., M.T., perwakilan dari Fakultas Teknologi Sipil dan Lingkungan (FTSL); Pengelola Koordinasi Kemitraan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Dr. Joko Suryana, S.T., M.T.; Pengelola Koordinasi Kemitraan Fakultas Teknik Industri (FTI), Ardiyan Harimawan, S.T., M.T., Ph.D.; dan Pengelola Koordinasi Kemitraan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Lia Amealia Tresna Wulan Sari, S.Si., M.Si., Ph.D.

Sementara itu perwakilan dari Leiden University-INUCoST antara lain, Dean of Leiden-Delft-Erasmus Universities Alliance from the Netherlands (LDE), Professor Wim van den Doel; Director Koninklijk Instituut voor Taal-Land-en Volkenkunde (KITLV), Marik Bellen, dan Deputy Director KITLV, Zweta Manggarani.

Sebelumnya, Leiden University telah menjalanin kemitraan strategis melalui konsorsium dengan beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia, sebut saja Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Dengan adanya konsorsium tersebut, diharapkan semakin terjalin kolaborasi antara ITB dan Leiden University untuk dapat mencapai kemajuan di berbagai bidang. Mulai dari pengembangan energi terbarukan, pengelolaan sumber daya alam yang lebih bijak, peningkatan kesejahteraan sosial, hingga pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Adapun ruang lingkup kerja sama dapat meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan program pendidikan bersama, joint research program, dan pengabdian masyarakat.


scan for download