ITB Fair 2012: Scholarship Fair Informatif, Inspiratif, dan Tingkatkan Semangat Kemahasiswaan

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Scholarship Fair adalah salah satu dari rangkaian acara yang berada di bawah departemen Ganesha Expo ITB Fair 2012. Acara Scholarship Fair diadakan pada Sabtu (04/02/12) sampai dengan Minggu (05/02/12) di Gedung Aula Barat ITB. Scholarship Fair terbagi menjadi dua acara inti yaitu acara pameran beasiswa dari ITB maupun dari pihak luar dan acara talkshow mengenai beasiswa. Acara ini ditujukan khususnya untuk mahasiswa sarjana dan magister ITB. Namun, Scholarship Fair juga terbuka untuk umum seperti kalangan pelajar SMA, mahasiswa universitas non-ITB, dan lain-lain.

Tujuan acara ini adalah memberikan informasi beasiswa di ITB agar mahasiswa dapat mengetahui dan mempergunakannya secara optimal. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar terus bergerak dan berkarya dalam semangat kemahasiswaan. Peserta talkshow pun melebihi target awal dengan jumlah 167 peserta dari target awal 100 peserta. Sedangkan pengunjung stand mencapai 200 orang di hari pertama dan 100 orang di hari kedua.

Pembicara Inspiratif

Talkshow pada Scholarship Fair mengundang pembicara-pembicara yang berpengalaman dan mengetahui seluk-beluk tentang beasiswa dan cara mendapatkannya. Dimulai dari cerita mengenai pengalaman pembicara-pembicara mendapatkan beasiswa hingga motivasi untuk mahasiswa agar semangat dan termotivasi dalam studi serta gerakan kemahasiswaan. Adapun pembicara-pembicara tersebut adalah Dr. Sandro Mihardi (Perwakilan Lembaga Kemahasiswaan ITB dan dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB), Anggayudha Ananda Rasa (Kimia 2007 dan pemilik bimbingan belajar NATC), Imam Santoso (perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia), Dwi Larso, Ph.D (Direktur Center for Innovation, Entrepreneurship, and Leadership serta dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB).

Para pembicara tersebut diundang agar dapat menularkan semangat kemahasiswaan dan menjelaskan sistem beasiswa yang melimpah di ITB, "Sebenarnya gampang mencari beasiswa di ITB," tutur Rea Candra Oktaviara (Teknik Kimia 2009) selaku ketua pelaksana Scholarship Fair.

Ada dua belas stand dalam Scholarship Fair, yaitu Perhimpunan pelajar Indonesia Australia (PPIA), beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Program Pembinaan Strategis, beasiswa Astra First, Bidik Misi, beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS), beasiswa dari Ikatan Alumni (IA) ITB 2007, beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), Prasetya Mulya Business School, Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOM), dan Aku Masuk ITB (AMI).

"Acara ini menjelaskan kami banyak hal mengenai beasiswa ITB beserta sarannya. Kami sadar semangat belajar kami takkan surut karena masalah finansial, ITB sangat banyak membantu kami di sini," tutur salah satu peserta talkshow, Indah Pratiwi (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati 2011).

[wuddan]


scan for download