ITB Dominasi Ajang OSN-PTI Pertamina 2010 Tingkat Provinsi

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- ITB berhasil menancapkan dominasinya pada perhelatan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) Pertamina 2010 tingkat Provinsi. Rangkaian kegiatan tersebut berakhir pada Kamis (07/10/2010). Dari 12 nama pemenang dari 4 bidang, ITB menempatkan 10 mahasiswa yang akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional pada tanggal 1-4 November 2010. Dua nama lain masing-msing berasal dari Universitas Parahyangan dan Universitas Pendidikan Indonesia.
Untuk bidang Matematika, ITB diwakili oleh Ismail Sunni dan Rani Sasmita Tarmidi, masing-masing sebagai Juara 1 dan 2. ITB memborong gelar untuk bidang Fisika dan Kimia. Tercatat Panji Achmari, Nabila Khrisna D., dan Andi Lestari Sitepu berada dalam dafar urutan pemenang Fisika. Sedangkan bidang Kimia, disabet oleh Hafis Pratama RG, Shofarul Wustoni, serta Dimas Ramadhan. Terakhir untuk bidang Biologi, ITB menempatkan Samantha Vivia sebagai Juara 1, dan FX Reymond Sutandy sebagai Juara  2. Tahap Seleksi tingkat provinsi dilakukan melalui 2 babak, yaitu Babak Penyisihan pada Senin (27/09/2010), dan Babak Final pada  Kamis (07/10/2010) yang dilakukan secara serempak di 33 perguruan tinggi di 33 provinsi di Indonesia.
 
OSN-PTI merupakan ajang paling bergengsi untuk uji kemampuan mahasiswa dalam bidang sains untuk mahasiswa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 2,7 Miliar sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam bidang pendidikan. Untuk tahun ini, bidang Biologi baru ditambahkan sebagai bidang yang diperlombakan. Event ini diikuti lebih dari 13.500 mahasiswa, dan tersaring 132 peserta untuk berlaga di tingkat nasional.

scan for download