Inovasi Bisnis Mahasiswa ITB #DagangKeRakyat Raih Penghargaan Juara 2 dan Best Paper di NBCC 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tim Bangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memperoleh penghargaan juara 2 dan Best Paper dalam National Business Case Competition (NBCC) 2023. (17/12/2023). Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kejar Mimpi Depok dengan tema "Pursuing Innovation for Sustainable Growth" ini menghadirkan tantangan berupa merumuskan solusi atas kasus yang diberikan oleh perusahaan di bidang e-commerce atau Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Anggota Tim Bangan yang terdiri dari I Dewa Ayu Andina Angelia (Mikrobiologi 2021), Muhammad Fauzan Nafi (Teknik Kimia 2021), dan Jessica Stevanie (Manajemen Rekayasa 2022). Mereka berhasil menyusun solusi kreatif untuk masalah marketing yang dihadapi oleh perusahaan yang menjadi fokus kompetisi.

Dalam kasus yang diberikan, perusahaan tersebut mengalami kendala dalam mencapai target pasar mereka, terutama yang berada di wilayah suburban. Tim Bangan pun menghasilkan solusi inovatif yang mereka beri nama #DagangKeRakyat, yang fokus pada penerapan strategi pemasaran offline yang lebih dekat dengan kehidupan masyarakat di daerah pedesaan.

Solusi #DagangKeRakyat mencakup beberapa langkah strategis, antara lain penggunaan truk jalan-jalan ke desa, di mana Tim Bangan mengusulkan pemasaran dengan menggunakan truk yang berkeliling ke desa-desa untuk mendekati konsumen di wilayah pedesaan. Kemudian partisipasi dalam acara desa serta pembagian sembako, di sini mereka menyarankan perusahaan untuk aktif berpartisipasi dalam acara-acara di desa dan melakukan kegiatan sosial, seperti pembagian sembako, untuk membangun hubungan positif dengan masyarakat.

Lalu penggunaan banner untuk warung-warung, di mana strategi ini mencakup pemasangan banner di warung-warung lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, Tim Bangan juga merekomendasikan pembentukan komunitas pemilik warung untuk mempermudah akses informasi serta kolaborasi.

Salah satu anggota tim, Andina, mengungkapkan analisis mendalam dilakukan terhadap perusahaan, termasuk survei langsung ke warung-warung di sekitar daerah target. Dengan fokus pada pemilik warung sebagai konsumen utama, tim melakukan wawancara untuk memahami kebiasaan dan permasalahan yang dihadapi oleh mereka.

“Selain itu, kita juga buat gambaran solusi, mulai dari mekanisme dan desain,” tutur Andina.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download