Tim Mahasiswa ITB Raih Predikat Best Video pada National Business Case Competition (NBCC) CIMB NIAGA 2023

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Tiga mahasiswa dari Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) angkatan 2022, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) meraih penghargaan “Best Video” pada ajang National Business Case Competition (NBCC) CIMB Niaga 2023, Minggu (17/12/2023). Tim bernama "BaruBangun" ini beranggotakan Timotius Vivaldi Gunawan, Athhar Mahendra Umar, dan Viktor Arsidiantoro Siringoringo.

Kompetisi ini diselenggarakan Kejar Mimpi Depok dengan tema “Pursuing Innovation for Sustainable Growth". Dalam kegiatan ini dihadirkan tantangan berupa perumusan solusi atas kasus yang diberikan oleh perusahaan di bidang e-commerce atau Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Adapun ide yang melatarbelakangi video yang dibuat tim didasarkan pada jawaban case dari riset serta wawancara dengan berbagai pihak terkait. Dalam pembuatan videonya, tim mengambil inspirasi dari content creator terkenal, Raymond Chin, untuk memahami cara menyajikan topik dalam sebuah video dengan baik. Dengan penerapan dan pengeditan kreatif, tercipta video yang memukau.

Video tersebut mengulas paper case yang berfokus pada mencari akar masalah, merumuskan solusi, dan melakukan analisis risiko, finansial, serta implementation plan. Solusi yang diusulkan oleh BaruBangun mencakup pembuatan gim interaktif untuk aplikasi Dagangan dan implementasi AI voice over untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi Dagangan.

Dalam persiapannya, tim menghadapi tantangan panjang dan padat dengan menjadwalkan waktu di tengah-tengah ujian. “Persiapannya cukup panjang dan di tengah ujian. Namun kami selalu bagi waktu dengan menyiapkan satu hari untuk menyelesaikan berkas dan presentasi dari lombanya,” ujar Timotius Vivaldi Gunawan.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download