In Harmonia Festival Meriah! Ada Ganesha Award hingga TPB Performance

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar In Harmonia Festival 2023 di ITB Kampus Jatinangor, Minggu (12/11/2023). Kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi ITB di bidang akademik maupun nonakademik serta menjadi ajang unjuk bakat mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB).

“Hari ini kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa yang sudah mengharumkan nama ITB,” ungkap Direktur Kemahasiswaaan ITB, D. Arch. Gregorius Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn.

Terdapat lima kategori penghargaan, antara lain Ganesha Prize bagi mahasiswa berprestasi program studi, Ganesha Karya untuk bidang Karya Inovatif, Ganesha Karsa untuk bidang Ilmiah dan Sosial Kemasyarakatan, Ganesha Rasa untuk bidang Seni, Budaya, dan Agama, serta Ganesha Perkasa untuk bidang Olahraga.

Secara keseluruhan, terdapat 674 mahasiswa yang menerima penghargaan baik secara individu maupun tim, dengan perincian 24 Ganesha Prize, 116 Ganesha Karya, 106 Ganesha Karsa, 2 Ganesha Rasa, dan 7 Ganesha Perkasa.

Dr. Prasetyo menerangkan bahwa acara tersebut juga ditujukan bagi mahasiswa TPB sebagai inspirasi serta melibatkan mereka dalam atmosfer akademik yang lebih utuh di ITB baik mahasiswa kampus Ganesha, Jatinangor, maupun Cirebon.

   

Pasalnya, Ganesha Award yang dahulu berfokus pada pemberian penghargaan kini dikemas dalam In Harmonia Festival bersamaan dengan Pameran Karya dan TPB Art Performance. Mahasiswa TPB tahun 2023 pun antusias memenuhi tribun penonton.

Pameran Karya menjadi wadah mahasiswa ITB untuk menampilkan karya-karyanya kepada publik. Pengunjung menikmati berbagai hasil penelitian, perlombaan, maupun pengabdian masyarakat oleh mahasiswa TPB, mahasiswa berprestasi, kuliah Pendidikan Karakter, Latihan Kepemimpinan Mahasiswa, serta agenda-agenda Ditmawa.

TPB Art Performance turut memeriahkan panggung acara In Harmonia Festival. Setiap fakultas/sekolah membawakan pertunjukan seni dengan nuansa berbeda melalui musik, tari, teater, puisi, dan lain-lain. Suasana makin meriah ketika setiap fakultas/sekolah adu kekompakkan meneriakkan yel-yel masing-masing.

   

Pada kesempatan tersebut, FITB meraih gelar “Best Supporter”. Sementara itu, TPB Art Performance dimenangkan oleh FSRD sebagai juara pertama, diikuti SAPPK dan SITH di urutan kedua dan ketiga.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Imanuel Ezra (Rekayasa Pertanian, 2021), berharap dapat meningkatkan semangat berkarya mahasiswa. “Pelaksanaan (In Harmonia Festival 2023) mampu membangkitkan semangat berprestasi mahasiswa-mahasiswi ITB lainnya guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kebersaingan ITB di skala nasional maupun global,” ujarnya.

Reporter: Muh Umar Thoriq

Dokumentasi: Media dan Publikasi In Harmonia Festival

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download