ITB Gelar Donor Darah di Kampus Jatinangor

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan ITB bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan “ITB Donor Darah”, di Selasar Gedung Kuliah Umum (GKU) I ITB Kampus Jatinangor, Jumat (29/09/2023). Acara ini merupakan pre-event In Harmonia Fest 2023.

In Harmonia Festival 2023 adalah rangkaian kegiatan terintegrasi dari sejumlah mata acara yaitu Ganesha Award, TPB Festival, dan Pameran Karya. Ganesha Award diharapkan meningkatkan semangat berprestasi mahasiswa ITB, khususnya mahasiswa TPB 2023 guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kebersaingan ITB di skala nasional maupun global. Adapun pameran karya merupakan wadah bagi mahasiswa ITB dari berbagai angkatan menampilkan karya-karyanya kepada publik.

Ketua Pelaksana, Imanuel Ezra Prawira (Rekayasa Pertanian, 2021), mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan perwujudan dari tujuan In Harmonia Fest 2023, yakni penanaman Tridarma Perguruan Tinggi.

“Donor darah merupakan contoh bentuk kontribusi sederhana kita terhadap kesehatan masyarakat. Kantong darah yang kita donorkan dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Dengan hal sederhana tersebut, kita telah menciptakan senyuman di wajah orang tersebut beserta dengan keluarga dan kerabat terdekatnya,” ujarnya.

   

Sebelum donor darah, peserta wajib memenuhi persyaratan baik administrasi maupun kesehatan. Mulai dari sehat jasmani dan rohani, usia 17-60 tahun atau 65 tahun ke atas yang rutin mendonorkan, serta tekanan darah, dan kadar haemoglobin.

Berlangsung dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIB, acara ini terbuka bagi seluruh civitas academica ITB. Sebanyak 59 kantong darah berhasil dikumpulkan dari 110 pendaftar yang ambil bagian.

“Baru pertama kali, awalnya deg-degan tapi ternyata pas diambil ya biasa saja. Pengalaman yang sangat mengesankan,” ucap salah seorang peserta, Dimas Aryadenata (Magister Teknik Sipil, 2018) usai donor darah.

Selain pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk donor darah, setiap mahasiswa fakultas dan sekolah Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023 juga akan melakukan aksi angkatan yang akan dipamerkan pada In Harmonia Fest November 2023 ini.

Reporter: Muh. Umar Thoriq (Teknik Pangan, 2019)

Dokumentasi: Panitia In Harmonia Fest

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download