20th Anniversary Internet @ ITB Conference Program: Jaringan Internet di Indonesia

Oleh Owen Nixon Jimawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai lembaga yang turut berkontribusi mencetak calon generasi penerus bangsa, ITB terus berusaha mencapai tujuannya dalam bentuk membantu mahasiswanya mendapat informasi yang berguna dalam studinya. Sejak 1996 ITB mulai memberikan fasilitas internet bagi mahasiswanya untuk menunjang studinya di kampus Ganeca ini. Di tahun 2016,  ITB merayakan 20 tahun kehadiran internet di kampus ITB dalam acara bertajuk "20th Anniversary Internet @ ITB", pada Selasa (06/09/16) yang digelar di Aula Timur ITB.

Acara ini dibuka dengan opening notes untuk ITB oleh Indonesia NREN (National Research and Education Network). Selain itu, pembicara dari PT Telkom Indonesia, yang diwakilkan oleh Bilpen Nainggolan selaku manajer senior, turut hadir dengan membawakan materi mengenai Digital Strategy for Future Internet & REN. Perayaan berbentuk konferensi ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai cara penggunaan .id untuk website-website yang ada di Indonesia. Materi yang bertema "Top Level Domain .ID for Indonesia" ini dibawakan langsung oleh Ketua Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) periode 2015-2019, yaitu Andi Budimansyah. Selain itu, terdapat juga sesi paralel yang menyajikan berbagai workshop yang membahas teknologi jaringan seperti Indonesia Palapa Ring, SDN & NFV for Next Generation Network Operator, dan Software Defined Radio Technology.


Pada konferensi ini, terdapat juga diskusi panel yang diadakan secara paralel pada waktu yang bersamaan. Salah satunya membawa tema entrepreneurship, dengan harapan bahwa para peserta, khususnya generasi muda, dapat memulai bisnis start up sejak dini. Diskusi panel tersebut mengundang berbagai sosok penting untuk mendukung Networking Workshop Indonesia NREN ini, seperti Prof. Dwilarso dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Entrepreneur Class (Universitas Brawijaya), Shin Shirahata (Fullroute.net), Goi Hoe Chin, Ph.D sebagai peneliti senior di Keio Research Institute (Shonan Fujisawa Campus), dan Rendy Maulana (QWords). Acara ini kemudian diakhiri dengan diskusi panel penutup yang bertajuk Networking & Internet Web Technology for the Future. Diskusi tersebut mengundang beberapa pembicara dari Software-Defined Networking (SDN), Indonesia NREN, Software-Defined Radio (SDR), W3C, dan Mozilla.

scan for download