Website
Further informations here
Staff
Meet our staff here
Map
Find our location here

Informasi Umum

Sejak kecil kita telah dihadapkan dengan berbagai persoalan yang melibatkan perhitungan matematika sederhana. Matematika sendiri merupakan salah satu ilmu dasar yang menjadi ibu bagi ilmu pengetahuan. Ilmu ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul pada ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Sebagai ilmu dasar, matematika tentu memiliki berbagai konsentrasi ilmu yang lain, salah satunya ialah aktuaria.

Aktuaria merupakan ilmu yang menerapkan matematika dan statistika dalam pengelolaan risiko keuangan di masa depan atau biasa disebut dengan "matematika asuransi". Program studi sarjana aktuaria merupakan salah satu program studi baru di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB yang dibuka pada tahun 2019 dengan target penerimaan 100 mahasiswa setiap tahun ajaran baru. Beberapa mata kuliah yang dipelajari program studi ini adalah komputasi matematika, makroekonomi, akuntansi, peluang, statistika matematika, matematika asuransi jiwa dan berbagai mata kuliah lain yang mendukung misi program studi tersebut.

Program studi aktuaria ITB memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan terbaik dalam bidang aktuaria untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing global yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keamanan finansial dan kesejahteraan masyarakat. Lulusan program studi sarjana aktuaria diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan wawasan di bidang matematika, statistika, keuangan, dan ekonomi yang terkait dengan aktuaria untuk melakukan valuasi risiko, premi, cadangan teknis, dan portofolio keuangan.


Prospek Kerja

  • Aktuaris
Khususnya lembaga/perusahaan asuransi, dana pensiun, investasi, manajemen risiko dan perbankan sangat membutuhkan tenaga aktuaris.
  • Manajer Investasi
Lulusan aktuaria memiliki keterkaitan yang erat dengan pengelolaan dan manajemen resiko sehingga cocok bekerja sebagai manajer investasi yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya seperti properti dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor.
  • Risk Manager
Setiap hari, berbagai perusahaan berisiko mengalami kerugian yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, oleh karena itu dibutuhkan tenaga ahli yang dapat memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan tersebut. Sebagai lulusan aktuaria tentunya telah memiliki bekal ilmu yang dapat mengatasi dan mencari solusi dari permesalahan tersebut.


  • Akademisi (dosen, peneliti)
Sarjana aktuari tetap dapat mengembangkan karier akademisinya sebagai dosen maupun peneliti.