Fasilitasi Warga Setempat dan Mahasiswa Rantau, ITB Gelar Salat Idulfitri 1445 H

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Pelaksanaan Salat Id di ITB Kampus Ganesha, Rabu (10/4/2024).

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar pelaksanaan Salat Idulfitri 1445 H di lapangan Campus Center, ITB Kampus Ganesha, Rabu (10/4/2024). Bekerja sama dengan panitia P3RI Masjid Salman ITB, Salat Id dilaksanakan dengan tertib dan khidmat. Adapun khotbah disampaikan Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Prof. Dr. M. Salman A. N., S.Si., M.Si.

Jemaah yang berada di sekitar area kampus berbondong-bondong datang sejak pukul 5.00 WIB. Saat memasuki gerbang depan ITB, mereka disambut panitia dan diberikan materi khotbah beserta panduan apabila hendak berwakaf melalui Wakaf Salman.

Booth Wakaf Salman.

Salat Id dimulai pukul 06.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan khotbah dari Prof. M. Salman A. N. yang bertajuk “Idul Fitri: Saatnya Melanjutkan Perbaikan Diri”. Dalam khotbahnya, beliau mengungkapkan ciri-ciri orang yang beruntung, di antaranya ialah orang yang khusyuk dalam salat, meninggalkan perbuatan sia-sia, menunaikan zakat, menjaga kemaluan, memelihara amanah, menepati janji, dan orang yang memelihara salatnya.

Dalam khotbahnya beliau berpesan, “Jadikanlah Idulfitri ini dan waktu-waktu selanjutnya sebagai momentum untuk melanjutkan perbaikan diri.”

Adanya pelaksanaan Salat Id di ITB Kampus Ganesha diakui mahasiswa setempat dapat memudahkan mahasiswa rantau dan warga sekitar untuk tetap melaksanakan ibadah di hari raya. Neneng, yang merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, mengatakan, “Dengan adanya Salat Id di sini (di ITB Kampus Ganesha), kita jadi lebih mudah dan tidak perlu repot-repot mencari masjid mana yang mengadakan Salat Id sehingga benar-benar memudahkan.”

Reporter: Qonita Aulia Rahmatullah (Teknik Pangan, 2022)


scan for download