P3RI 1445 H Salman ITB Gelar 10 Program Unggulan selama Ramadan 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

P3RI 1445 H Masjid Salman ITB mengagendakan 10 program unggulan selama Ramadan 1445 H.

BANDUNG, itb.ac.id - Panitia Pelaksana Program Ramadan dan Iduladha (P3RI) 1445 H Masjid Salman ITB mengagendakan 10 program unggulan selama Ramadan 1445 H. Program tersebut antara lain Tarhib Ramadan, Inspirasi Ramadan (IRAMA), Festival Ramadan, Salman Charity, Berbagi Makanan (Sahur, Takjil, dan Buka), Sahur on The Road, Shalat Tarawih, Itikaf, Para Pejuang Al Qur'an (PPA), dan Salat Idulfitri 1445 H. Seluruh program akan berlangsung di Masjid Salman ITB.

Ketua P3RI 1445 H, Muhammad Lutfi Anillah, menyampaikan bahwa P3RI tahun ini bertujuan menciptakan kepanitian Ramadan dan Adha yang merdeka dalam menjalankan tugas-tugasnya. “Merdeka di sini artinya mereka melayani dengan alasan tidak lain karena Allah SWT, pun mereka mampu secara bebas mengeskpresikan bentuk ‘melayani’ sesuai latar belakangnya masing-masing,” tutur Lutfi.

Tahun ini P3RI mengadakan program Tarhib Ramadan sebagai gerbang pembuka program dengan tujuan membangun semangat menyambut Ramadan. Program tersebut diadakan pada Sabtu (9/3/2024). Program Tarhib diisi berbagai kegiatan menarik, yaitu perlombaan seperti LCT, Tahfiz, dan film pendek. Ada juga penampilan khusus oleh NASA serta Tablig Akbar dengan materi “Menjaga dan Mengendalikan Nafsu Melalui Zikir dan Salat untuk Memperoleh Ketenangan Batin” yang disampaikan Ustaz Ridho Febry. Selain itu, halaman Masjid Salman ITB pun dipenuhi 22 stand yang terdiri atas stand makanan dan eksperimen ilmiah.

Acara tersebut berlangsung ramai. Pengunjung beragam, mulai dari ibu-ibu hingga para pemuda dari berbagai wilayah di sekitar Bandung.

Salah satu hal menarik dalam acara tersebut adalah adanya kepedulian terhadap sampah. Panitia menyediakan tempat sampah untuk masing-masing jenis sampah. Terdapat juga panitia yang bertugas menjaga tempat sampah guna memastikan pengunjung membuang sampah ke tempatnya.

Panitia P3RI memantau tempat sampah pada acara Tarhib Ramadan, Sabtu (9/3/2024). (ITB/Aris Syifa Augustina)

Mulai 1 Ramadan, program IRAMA digelar rutin, setiap hari pada pukul 16.00 WIB. Program tersebut berisi kajian dengan berbagai topik yang disampaikan beragam narasumber dengan latar belakang berbeda-beda seperti pendakwah, pendidik, hingga pengusaha.

Farah Qonita menyampaikan materi berjudul “No More FOMO! Mengubah Gaya Hidup dengan Ketenangan” pada program Inspirasi Ramadan (IRAMA), Senin (18/3/2024).

Selain berlangsung secara luring, IRAMA juga disiarkan melalui kanal Youtube Masjid Salman ITB. Selesai IRAMA, program berbagi buka diikuti dengan program Salat Tarawih akan berlangsung. Adapun informasi lengkap dan jadwal program Ramadan Masjid Salman ITB dapat dilihat pada https://linktr.ee/RamadhandiSalman45H

Aris Syifa Augustina (Teknik Fisika, 2021)


scan for download