Kelompok Keahlian Informatika ITB Latih Kader PKK Gunakan Google Workspace

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah organisasi masyarakat yang vital menangani kesejahteraan keluarga dan memberdayakan wanita. Dalam pelaksanaannya PKK melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk dilaporkan ke tingkat kabupaten.

Permasalahannya ternyata banyak kader PKK masih melakukan pendataan secara manual yang memiliki risiko akan kerusakan dan kehilangan berkas. Belum lagi untuk mengolah data-data manual ini perlu usaha lebih untuk mengolahnya secara manual juga. Padahal di era sekarang segala bentuk pendataan bisa terintegrasi dengan adanya teknologi informasi terkait.

Melihat permasalahan tersebut, Kelompok Keahliah (KK) Informatika ITB mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk melatih ibu-ibu PKK dalam menggunakan Google Workspace di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diketuai oleh Ir. Kridanto Surendro, M.Sc., Ph.D., bersama kolega lain dan mahasiswa ITB.

Google Workspace dipilih karena dapat diakses secara gratis dan mudah serta bisa diakses melalui gawai yang dimiliki. Aplikasi yang terintegrasi dalam layanan ini di antaranya Google Drive, Google Mail, Google Spreadsheet, Google Documents, Google Slide, dan Google Formulir. Aplikasi-aplikasi familier di kalangan akademisi ini jika bisa diaplikasikan juga di tingkat kader PKK dapat membantu keperluan administratif mereka.

Google Drive dan Google Spreadsheet menjadi aplikasi yang diajarkan pada pelatihan pertama (16/05/2023). Pelatihan ini melibatkan 30 orang Kader PKK gabungan di tingkat desa dan kecamatan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan metode pemberdayaan partisipatif secara luring. Para peserta diajarkan bagaimana caranya mengakses Google Drive melalui gawai masing-masing untuk mengunduh, mengunggah, dan berbagi file (dokumen). Kemudian pada sesi pelatihan Google Spreadsheet, Ibu-Ibu PKK diajarkan melakukan pengolahan data tabular yang relevan dengan kebutuhan mereka. Mereka juga diajarkan menggunakan formula dasar hingga visualisasi data.

Untuk mengukur keberhasilan dari pelatihan ini, KK Informasi melakukan pre-test dan post-test pada pelatihan tersebut. Adanya kenaikan dari nilai rata-rata pre-test sebesar 73.55 menjadi 86.32 menandakan pemahaman sebagian kader-kader PKK telah meningkat. Penggunaan Google Workspace ini harus terus dibiasakan untuk meningkatkan kemahiran mereka.

Baca tulisan selengkapnya: Meringankan Tugas Kader PKK dengan Google Workspace

Kami dari pihak kecamatan mengucapkan banyak terima kasih kepada tim pelaksana pelatihan peningkatan kapasitas kader PKK Kecamatan Cileunyi. Dengan adanya kegiatan ini menjadikan salah satu ilmu dan pengetahuan tambahan kepada para kader Kecamatan Cileunyi. Semoga acara seperti ini bisa berkelanjutan dan lebih bisa membantu kader PKK dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan. Sekali lagi kami dari Kecamatan Cileunyi mengucapkan banyak terima kasih telah melaksanakan kegiatan ini,” ucap Drs. Agus Rizal, M.Si. selaku Camat Kecamatan Cileunyi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh KK Informatika tiap semesternya. Google Workspace ternyata dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat. Adanya kontribusi kalangan akademisi kepada masyarakat diharapkan bisa berdampak baik bagi seluruh lapisan masyarakat mengenai latar belakang bidang keilmuan yang dimiliki.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin, 2020)

Sumber: Rekacipta ITB


scan for download