Berita / MoU

Bangun Pariwisata, ITB Jalin Nota Kerjasama dengan Kabupaten Purbalingga

Adi Permana - Senin, 30 Desember 2019, 14:29:31 - Diperbaharui : Senin, 30 - Desember - 2019, 14:31:00


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat di bidang perencanaan wilayah dan kota. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Prof. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB dan Dyah Hayuning Pratiwi selaku Bupati Purbalingga di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Senin (23/12/2019).

Kabupaten Purbalingga berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 777 km persegi dan dihuni sekitar 950.000 jiwa. Saat ini di Kabupaten Purbalingga tengah dibangun bandar udara baru yang diproyeksikan akan beroperasi pada pertengahan 2020. “Bandar udara ini bernama Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Saat ini Bandara JB Soedirman tengah membangun runway,” ungkap Dyah.

Dyah juga menuturkan bahwa kabupaten yang ia pimpin sekarang merupakan kabupaten nomor 1 yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Tengah. Melihat potensi ini, Dyah ingin dengan adanya bandara di Purbalingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. “Salah satunya yang kami kejar adalah sektor pariwisata. Kami juga mendorong agar Purbalingga memiliki kawasan ekonomi bisnis atas adanya bandara yang kami bangun sekarang,” tuturnya

Atas dasar hal tersebut, Dyah ingin menjalin kolaborasi dengan ITB khususnya dalam perencanaan wilayah dan kota untuk pariwisata. “ITB memiliki pusat pengembangan pariwisata daerah sehingga saya berharap ITB dapat membantu Purbalingga,” harapnya.

Prof. Bambang Riyanto Trilaksono menanggapi hal ini dengan baik. Ia mengungkapkan bahwa ITB menyambut baik rencana kerjasama tersebut dan siap membantu Purbalingga. “Kami punya pakar perencanaan wilayah dan kota khususnya dari Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB. Saya harap kerjasama yang kita jalin ini dapat bermanfaat terutama bagi dosen dan mahasiswa yang akan terlibat untuk riset dan Kabupaten Purbalingga sebagai tempat pariwisata,” tutupnya.

Reporter: Billy Akbar Prabowo (Teknik Metalurgi, 2016)