Presiden ICCN: Tracer Study sebagai Informasi dalam Formulasi Ekselensi Lulusan ITB

Cintya Nursyifa | Minggu, 3 September 2017, 04:47:07 | Lihat foto berita ini | Diperbaharui : Rabu, 6 - September - 2017, 21:44:55

Bandung, itb.ac.id – Universitas merupakan sarana pendidikan dengan keluaran sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Lulusan yang unggul menjadi orientasi lembaga pendidikan terutama ITB dalam menjalankan visi dan misinya. ITB sebagai lembaga yang memfasilitasi mahasiswanya dalam berkarir, memiliki lembaga bernama Career Center. Selain mempersiapkan karir bagi lulusannya, lembaga ini menjalankan fungsi monitoring bagi alumninya. Salah satu metode yang dijalankan adalah dengan memberikan referensi baik kepada mahasiswa, orangtua, dosen, maupun lembaga terkait lainnya.

Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T. sebagai Presiden Indonesia Career Center Network menyampaikan dalam Studium Generale pada Rabu (30/09/17) di Aula Barat ITB, bahwa karir bukan semata-mata dunia kerja dan profesional saja, namun mengenai bagaimana menghadapi dunia setelah kuliah. Sejalan dengan visi misi ITB, kiprah alumni diharapkan mampu merepresentasikan entrepreneurial university. Peran entrepreneurial university tentu didasari dengan histori visi sebelumnya sebagai research university. Salah satu budaya dalam menganalisis kondisi suatu system adalah melalu ikajian yang melibatkan data. Metode ini yang dapat diterapkan pula dalam tracer study. Dengan memanfaatkan kuisioner sebagai acuan data yang dibutuhkan, Career Center dapat mengumpulkan data langsung dari alumni dalam interval 3 bulan.

Dari tracer study dengan koresponden alumni lulusan 2 terakhir ditemukan pula bahwa 62 % lulusan ITB telah bekerja, 5% bekerja dan wiraswasta, 7% berwirausaha, dan 26% tidak bekerja /melanjutkan kuliah. Rekam jejak alumni ITB sampai saat ini telah menunjukkan prestasi gemilang. Setidaknya 11 alumni ITB telah berhasil membangun start-up yang sukses di Indonesia. Hal ini belum dicapai oleh univeritas lainnya di Indonesia bahkan dunia. Dengan demikian, visi ITB sebagai entrepreneurial university sedikit demi sedikit dapat terwujud. Hasil tracer study yang baik adalah yang merepresentasikan kondisi sebenarnya, sehingga solusi atau tindak lanjut berjalan tepat sasaran.