Berita / Utama

ITB Pimpin Perolehan Gelar Juara di ON MIPA 2017

Muhammad Arief Ardiansyah - Kamis, 18 Mei 2017, 01:12:09 - Diperbaharui : Kamis, 18 - Mei - 2017, 01:13:37

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung kembali menorehkan prestasi dari ajang ON MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia. Mengambil tempat di Kota Semarang, acara final yang diselenggarakan pada hari Minggu hingga Rabu (14-17/05/17) tersebut berakhir dengan raihan 8 buah medali emas, 8 buah medali perak, dan 3 buah medali perunggu untuk kontingen ITB. Hasil tersebut merupakan yang terbanyak diantara seluruh Perguruan Tinggi yang mengikuti acara dari Direktorat Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini.

Dikutip dari laman ristekdikti.go.id, kegiatan ON MIPA kali ini diikuti oleh 4.597 mahasiswa dari 14 wilayah se-Indonesia. Gelaran final sendiri melibatkan total sebanyak 256 mahasiswa dari empat bidang yang diperlombakan, yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Selain menjadi ajang peningkatan kemampuan akademik di bidang Matematika dan IPA, acara ini juga bertujuan meningkatkan kualitas dan wawasan bagi para staf pengajar serta mendorong perbaikan mutu pendidikan perguruan tinggi khususunya di bidang MIPA. Khusus bagi para pesertanya, acara ini merupakan sarana yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam bentuk penyelesaian soal-soal yang bersifat analisis dan sintesis.

Dari bidang matematika, ITB berhasil memperoleh satu dari tiga medali emas yang disediakan atas nama Poetri Sonya Tarabunga. Sementara untuk bidang Fisika dan Kimia, ketiga medali emas yang tersedia berhasil dibawa pulang ke tanah Ganesha. Kontingen ITB dari bidang Biologi juga tak mau ketinggalan dengan membawa pulang 1 emas dan 1 perak. Berikut daftar juara ON MIPA tahun 2017 dari Institut Teknologi Bandung.

Medali Emas
Poetri Sonya Tarabunga (Matematika)
Edwin Aldrian Santoso (Fisika)
Emir Syahreza Fadhilla (Fisika)
Dhanika (Fisika)
Wahyu Orphan Kuswantoro (Kimia)
Ignatio Glory Adi Winning Kusuma (Kimia)
Muhammad Wildan Hakim (Kimia)
Realita Mustika Dewi (Biologi)

Medali Perak
Dewita Sonya Tarabunga (Matematika)
Nabil Mahatir (Matematika)
Mohammad Reza Nurrahman (Fisika)
Disniyanto Aldi Dwika (Fisika)
Daniel Yosua Evert Looh Tambuwun (Kimia)
Zulfa Hilmi Kautsar (Kimia)
Ikhlas Khairil Iman (Kimia)
Adriel Hernando (Biologi)

Medali Perunggu
Darius Chandra (Fisika)
Catur Wibisono (Fisika)
Farhan Ramadzan Nursanto (Kimia)