PONDASI 2016: Dari, Oleh, dan Untuk Mahasiswa Teknik Sipil 2015

Oleh Cintya Nursyifa

Editor -

Pathum Thani, itb.ac.id - November menjadi masa yang tepat untuk bermasyarakat bagi mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2015. Mengemban peran Tri Darma Pendidikan, 134 mahasiswa ini terjun langsung  ke dalam program Pengabdian Oleh Untuk dan Dari Sipil 15 (PONDASI). Sedikitnya 144 mahasiswa menjadi relawan dalam pengabdian masayarakat tersebut. Tidak hanya dari angkatan 2015, dukungan turut hadir dari kalangan angkatan lainnya. Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (12/11/16) ini sarat manfaat bagi masyarakat. Secara umum kegiatan ini dirancang  dengan 5 program kerja bagi warga desa Cibiru Wetan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi, reboisasi, penyuluhan teknologi, perbaikan infrastruktur, pemasangan sign system untuk tempat wisata, dan kegiatan kekeluargaan. Dalam realisasinya, kegiatan ini melibatkan 25 orang warga dari kalangan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), 80 siswa SD, dan 20 pemuda Karang taruna.

Sebagai totalitas sebagai mahasiswa, panitia mampu menjalankan perannya dengan baik dari kegiatan ini. Pemenuhan akomodasi dan operasional, mampu dipenuhi panitia secara independen. Salah satunya dalam melaksanakan reboisasi bersama siswa SDN Cikoneng Desa Cibiru Wetan. Kegiatan edukatif ini berupa penanaman sebanyak 40 pohon di lahan kosong rest area TPU Desa Cibiru Wetan yang berfungsi untuk mengatasi kemungkinan bencana longsor di area tersebut. Tanaman yang ditanam pada reboisasi ini berupa tanaman keras. Penyelenggaraan reboisasi diiringi dengan pemberian materi terkait reboisasi guna menanamkan pendidikan dan wawasan lingkungan alam sejak dini.

Selain edukasi dini, panitia turut melaksanakan program edukatif dan partisipatif bagi warga lain terutama kalangan dewasa. Program-program tersebut diantaranya, sosialisasi teknologi bagi ibu PKK, perbaikan lapangan sepak bola Cibiru Wetan, dan instalasi sign system bagi tempat wisata. Sosialisasi teknologi yang dilaksanakan tersebut berupa pemberian materi perangkat lunak Microsoft Word 2010 dan aplikasinya dalam terutama dalam keperluan administrasi sehari-hari di tingkat desa. Adapun perbaikan lapangan sepak bola merupakan kegiatan untuk memperbaiki infrastruktur yang ada di lapangan sepak bla Desa Cibiru Wetan. Infrastruktur yang diperbaiki diantaranya adalah bola, flag corner, dan gawang. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, pemuda dan panitia turut menggelar kompetisi berbasis kekeluargaan guna pererat ikatan antar massa.

Berdasarkan hasil observasi dan analisa potensi, ternyata desa Cibiru merupakan kawasan destinasi wisata. Sehubungan dengan data tersebut, panitia merancang kegiatan penunjang melalui pemasangan papan penunjuk jalan (sign system) tempat wisata. Sebagai tambahan, kegiatan ini sejalan dengan rencana desa Cibiru Wetan sebagai desa wisata dalam jangka waktu 5-10 tahun mendatang. Desa tersebut mempunya kawasan wisata alam Batu Kuda. Sebagai penutup  yang manis, ngeliwet bareng menjadi pilihan dalam mengakhiri rangkaian kegiatan PONDASI 2016.

"Tujuan PONDASI salah satunya, menumbuhkan rasa kemasyarakatan pada mahasiswa teknik sipil 2015. Alhamdulillah target itu bisa tercapai menurut subjektif saya. Ketika acara terjadi semua anak excited melaksanakannya. Empat acara kita berjalan paralel. Per mata acara ada timnya sendiri-sendiri. Terus diakhiri dengan ngeliwet bareng dan pemutaran dokumentasi video kegiatan selama satu hari. Karena warga di satu spot belum tentu tahu kita ngadain acara juga di spot lain. Overall , sukses dan lancar," tutup Renaldy (Teknik Sipil 2015).


scan for download