ITB Tingkatkan Insfrastruktur Multikampus

By Cintya Nursyifa

Editor -

ShuttleJATINANGOR, itb.ac.id - Program multikampus ITB semakin berkembang dengan peningkatan fasilitas terutama di bidang infrastruktur dan transportasi. Kebutuhan akan tempat transit kendaraan (pool) di kampus Jatinangor kembali terpenuhi dengan berdirinya Pool Kendaraan di sebelah selatan gerbang depan kampus ITB Jatinangor. Awal tahun 2016, menjadi awal berfungisnya pool tersebut. Di waktu yang sama pula berbagai gedung baru telah rampung dibangun. Berbagai pihak terbantu atas terpenuhinya kebutuhan infrastruktur tersebut.

Peruntukkannya tidak hanya kendaraan shuttle bus antar kampus, pool kendaraan  ini juga berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan dinas dan kendaraan operasional di Direktorat Eksekutif Kampus ITB Jatinangor. Pool ini memiliki luas mencapai 432 meter persegi sehingga memiliki kapasitas untuk menampung 8 mini bus. Pool kendaraan ini akan beroperasi selama 24 jam dibawah pengelolaan Seksi Sarana dan Prasarana Kampus ITB Jatinangor.


Kampus ITB Jatinangor sejak tahun 2010, telah membangun beberapa gedung baru sebagai fasilitas penunjang akademik. Seiring kembali dibukanya beberapa prodi baru di kampus Jatinangor, merupakan langkah yang lebih maju apabila ITB mempersiapkan berbagai penunjang kapasitas. Selain itu transportasi antar kampus menjadi kebutuhan yang tak terelakan lagi. Kendaraan transportasi antar kampus Ganesha dan kampus Jatinangor secara bertahap mulai dijalankan secara rutin baik transportasi untuk dosen, mahasiswa maupun kebutuhan hilir mudik tenaga kependidikan. Misalnya saja transportasi  berupa shuttle bus dan mobil niaga, sebanyak 5 unit yang secara bergantian berangkat setiap hari kerja.
Kendaraan transportasi IMG_20160324_081638 finalantar kedua kampus ini tentu saja memerlukan perhatian khusus, khususnya dalam hal tempat parkir. Dengan adanya Pool Kendaraan ini, pihak manajemen berharap agar perawatan kendaraan dinas maupun kendaraan operasional dapat dimonitor dan dijadwalkan dengan baik. Pool kendaraan tersebut dibangun menggunakan biaya DIPA dan dikerjakan selama 4 (empat) bulan, sejak bulan Desember 2015 sampai dengan Maret 2016. Untuk alasan kemudahan operasional dan keamanan, bangunan pool kendaraan ini terletak di sisi barat pintu masuk Gedung Utama Kampus ITB Jatinangor. Jadwal keberangkatan shuttle bus antar Kampus Jatinangor-Ganesha sendiri dapat dilihat http://jatinangor.itb.ac.id/fasilitas/shuttle-bus-darike-ganesha.

Sumber: jatinangor.itb.ac.id