Berita / Utama

The Backstage: Promosikan Startup Mahasiswa ITB, Berikan Pandangan Baru Wirausaha

Fatimah Larassati - Rabu, 23 Maret 2016, 22:06:39
BANDUNG, itb.ac.id - Tujuh perusahaan startup milik mahasiswa ITB peserta mata kuliah Technology-Based Business (TBB) berhasil dipamerkan dalam rangkaian acara The Backstage pada Sabtu (19/03/2016). Acara ini diselenggarakan oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM-ITB) bekerja sama dengan Ziliun sebagai bentuk penilaian Ujian Tengah Semester (UTS) dari peserta mata kuliah TBB di semester genap ini. Acara yang mengangkat topik "Building a Sustainable Startup" ini turut dimeriahkan oleh Gibran Huzaifah dan Robi Tanzil Ganefi, yang masing-masing telah cukup lama berkiprah dalam dunia startup sebagai CEO eFishery dan CTO Kakatu. Adapun ketujuh perusahaan startup mahasiswa peserta TBB yang diperkenalkan melalui acara ini adalah Charenji, Mlaku, Mupuk, Organikku, Preve, TOWA, dan Tutti. Ziliun sendiri merupakan salah satu perusahaan startup yang berada di bawah naungan PT Kibar Kreasi Indonesia. Produk dari Ziliun berupa laman web ziliun.com yang bertujuan merombak pola pikir masyarakat melalui artikel-artikel yang disajikan dengan sudut pandang berbeda dari biasanya. Kerja sama yang dilakukan oleh Ziliun dengan SBM-ITB ini merupakan kerja sama yang kelima sejak pertama kali dimulai pada tahun 2014.

Acara The Backstage kali ini dimulai dengan pemaparan singkat dari ketujuh perusahaan startup bentukan mahasiswa ITB di Ruang Auditorium SBM-ITB. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman oleh Gibran dan Robi. Seluruh pengunjung yang hadir dapat berkeliling ke setiap stand perusahaan startup untuk bertanya dan mengenal ketujuh perusahaan tersebut secara lebih mendalam sekaligus memberikan berbagai masukan demi meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh para mahasiswa ITB ini.

Melalui acara The Backstage, para mahasiswa ITB pemilik ketujuh startup ini mendapatkan banyak umpan balik demi kemajuan perusahaan mereka kedepannya. Selain itu, ajang ini juga dimanfaatkan untuk menguji kebermanfaatan produk mereka di mata masyarakat secara langsung. The Backstage akan digelar kembali untuk memamerkan finalisasi dari ketujuh startup sekaligus sebagai penilaian Ujian Akhir Semester mahasiswa peserta mata kuliah TBB. "Harapannya The Backstage selanjutnya dapat berlangsung lebih baik dengan pembicara yang berpengalaman dan ketujuh startup dapat mempersiapkan stand masing-masing dengan lebih sempurna," tutup Dilla Anindita (Sistem dan Teknologi Informasi, 2012), CEO dari Tutti.


Kelompok 6
Gracia Isaura R
Muhammad Arief Ardiansyah
ITB Journalist Apprentice 2016