Berita / Utama

Tingkatkan Hubungan dengan Mitra Beasiswa, ITB Selenggarkan Scholarship and Sponsorship Gathering

Nur Huda Arif - Minggu, 28 Februari 2016, 19:00:34
BANDUNG, itb.ac.id - Penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi memerlukan biaya yang tidak sedikit namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk menghasilkan kualitas pendidikan yang prima bagi setiap orang. Pendidikan juga merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Saat ini, Indonesia masih digolongkan sebagai negara dengan prosentase warga negara yang berkuliah masih sangat kecil. Insititut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang dapat dinikmati oleh siapapun. ITB bersama pemerintah dan mitra ITB telah berusaha untuk membantu mahasiswa-mahasiswi yang memiliki kesulitan namun memiliki potensi secara akademik dalam hal pembiayaan biaya kuliah. Kerja sama yang terjalin dengan baik dan lama ini perlu dipupuk. Oleh karena itu, Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB selaku pengelola beasiswa di ITB menyelenggarakan "ITB Scholarship and Sponsorship Gathering" pada hari Jumat (26/02/16) bertempat di Aula Timur. Kegiatan yang mengangkat tema "We Share and We Care" ini mengundang berbagai mitra ITB yang menjadi sponsor dalam penyediaan beasiswa di ITB serta dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D. Selain itu, diundang pula perwakilan mahasiswa penerima beasiswa dari mitra-mitra ITB.

Brian Yuliarto Ph.D selaku ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB dalam pidatonya memaparkan bahwa jumlah mahasiswa ITB saat ini mencapai 15.000 orang dengan jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya sekitar 3.500 orang. Untuk mendukung pembiayaan kuliah bagi mahasiswa yang mengalami ketidakmampuan secara ekonomi maka ITB memiliki tiga sumber beasiswa, yaitu ITB (66%), pemerintah (28%), dan mitra/donator (6%). Total beasiswa pada tahun 2015 mencapai angka 150 milyar rupiah dengan total penerima beasiswa sebesar 9933 mahasiswa. Jenis Beasiswa yang ITB dapat digolongkan menjadi beasiswa biaya penyelenggaraan pendidikan per semester (BPPS), beasiswa bantuan hidup, beasiswa bantuan buku, dan beasiswa bantuan tugas akhir (TA).

Mitra ITB yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya adalah Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM) ITB, ABB Jurgeon Dormann Foundation, Asan Sofian, Bakrie Center Foundation, Bank BCA, Bank Indonesia, BAZNAS, Bank Maybank, PT Chandra Asri Petrochemical, Djarum Foundation, PT TEP, Tjipta Sarjana Bangun Desa, IA ITB 1978, IA ITB 1980, PT Indocement Tunggal Prakasa, Indonesia International Education Foundation, Yayasan Karya Salemba Empat, Yayasan Komatsu Indonesia Peduli, Konan Sekkei Corp., PT Lautan Luas, Tanoto Foundation, PT Lautan Luas, Sinergi Foundation, Mitsubishi Corp., Panasonic Manufacturing Indonesia, PT Tj Park Foundation, PT Protelindo, Orang Tua Group,  Yayasan Marga Jaya Sejahtera, Yayasan Lotte Indonesia, Yayasan Toyota Asta, VDMS, Yayasan Nitya Bhaskara Widya, Yayasan Bhakti Sosial Santoso, Yayasan Asahi Glass Idonesia, YPKAAR, YPTI, YBM-BRI, dan lain sebagainya. Kegiatan yang dibuka dengan sajian tarian khas Banyuwangi yang disajikan oleh Unit Kebudayaan Banyuwangi (UKAWANGI) ITB ini, diisi pula oleh testimoni dari perwakilan mitra ITB yaitu PT Chandra Asri Petrochemical dan IOM ITB.