Kausa Prima: Pameran Karya Tahun Pertama FSRD ITB Diminati Pengunjung

Oleh Nida Nurul Huda

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB angkatan 2012 memamerkan karya-karya terbaik acara Kausa Prima. Acara ini berlangsung pada Jum'at-Minggu, (24-26/05/13) bertempat di Aula Timur.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini bernamakan Kausa Prima atau dalam bahasa Inggris Prime Cause yang berarti penyebab awal. Pameran ini memiliki makna bahwa Kausa Prima adalah langkah pertama untuk memasuki jenjang berikutnya yaitu program studi (prodi). Kausa Prima dalam pameran ini sangat mewakili karya-karya yang dipamerkan, karena setiap karya menggambarkan bagaimana semua berawal dan dimulai oleh setiap individu dalam konteks kekaryaan.

Pameran yang menampilkan kurang lebih 1000 karya dari 230 mahasiswa ini merupakan agenda tahunan FSRD ITB. Setiap mahasiwa memamerkan 8 karya terbaik selama setahun menjalani masa Tahap Persiapan Bersama (TPB). Karya-karya yang dipamerkan berupa gambar bentuk, gambar konstruktif, gambar rupa dasar 2D, gambar rupa dasar 3D. Penempatan hasil karyanya dibagi menurut jurusan yang mereka pilih masing-masing. Pameran ini juga menjadi bahan pertimbangan bagi dosen untuk menilai tiap mahasiswa dengan prodi yang mereka inginkan lewat karya-karya yang ditampilkan.

Antusiasme pengunjung terhadap acara ini ternyata cukup besar. Terbukti, hari pertama pada open gate terdapat antrian cukup panjang di stand penerimaan tamu. "Kami sempat kewalahan pada hari pertama karena banyaknya pengunjung yang ingin masuk," ujar Nahja Akbar Khalid sebagai Ketua Acara Kausa Prima.

Pameran in juga terdiri dari berbagai acara, Opening Performence dan Penilaian Karya oleh dosen (24/05/13), Talkshow oleh Dosen FSRD dan alumni (25/05/13), Live Painting oleh Hayman Movement, FSRD ITB 2012, serta anak-anak dari Panti Asuhan (25/05/13).

Semoga Kausa Prima bisa menjadi awalan yang baik untuk FSRD ITB 2012 di prodi masing-masing ke depannya," tutup Nahja.


scan for download