Pameran “Undone” Tampilkan Tugas Akhir Tesis dan Disertasi Lintas Jurusan di ITB

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Momen wisuda menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan karya akhirnya selama studi. Begitu pula bagi mahasiswa program magister dan program doktor dari lintas prodi di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB yang diwisuda pada Wisuda Oktober 2022.

Mereka memamerkan karya lintas program studi, yakni dari prodi arsitektur riset, arsitektur desain, rancang kota, dan lanskap. Bertempat di lantai 3 Labtek IXB Gedung Arsitektur, pameran ini dibuka pada jam efektif kuliah dari tanggal 23-28 Oktober 2022. Pameran tesis dan disertasi ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan atas inisiasi dan kerja sama oleh IMA-MARKA dan SAPPK ITB.

Pameran tesis dan disertasi yang pertama ini bertajuk “Undone”. Kata ini hadir dari gabungan “undo” – “do” – “done”. Judul ini dipilih sebagai simbolisme kembalinya ilmu-ilmu yang sudah didapatkan selama masa studi (undo), terwujudnya gambaran (do) dan selesai atau berakhirnya pendidikan dan berlanjut menuju dunia baru (done).


Sejumlah 27 karya tesis dan disertasi dipajang di ruang pameran. Pengunjung bisa berkeliling dan menikmati karya-karya mahasiswa yang bervariasi, mulai dari hasil riset isu sosial, isu lingkungan, hingga isu budaya. Setelah berkeliling, pengunjung diizinkan untuk memberikan apresiasinya berupa kesan-pesan dan memilih karya terfavorit dengan menempelkan stiker.

Reporter: Madeline Abigail Lukito (Arsitektur, 2020)


scan for download