Berita / Akademik

Pimpinan Marvell Technology Group Berikan Kuliah Umum di ITB

Muhammad Fikri - Minggu, 13 November 2011, 10:45:35
BANDUNMarvell 1G, itb.ac.id - Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menyelenggarakan kuliah umum bertema perkembangan teknologi mikroelektronika di Indonesia pada Selasa (08/11/11). Bertempat di Ruang Multimedia STEI, Gedung Achmad Bakrie lantai 3, kuliah umum ini menghadirkan Dr. Gani Jusuf, Vice President of Product Development, Communications and Consumer Business dari Marvell Technology Group.Didirikan pada tahun 1995, Marvell Technology Group beroperasi di seluruh dunia dengan jumlah pekerja sebanyak 5700 orang. Berkantor pusat di Santa Clara, Amerika Serikat, Marvell memiliki pusat desain yang terletak di Eropa, Israel, India, Singapura, dan China. Perusahaan yang masuk ke dalam bursa saham NASDAQ ini dirintis oleh dua orang asal Indonesia, Dr. Sehat Sutardja dan Dr. Pantas Sutardja.

Lebih dari satu milyar chip yang dihasilkan setiap tahunnya menjadikan Marvell masuk ke dalam tiga besar perusahaan penghasil chip terbesar di dunia. Spesialisasi yang dimiliki oleh Marvell adalah pembuatan chip untuk jaringan nirkabel, penyimpanan data, hingga green technology.

Dr. Gani Jusuf juga memaparkan berbagai potensi yang dimiliki ITB sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang riset industri semikonduktor. Salah satu potensi yang dimiliki ITB sebagai pengembang teknologi semikonduktor dan mikroelektronika adalah dengan adanya Pusat Mikroelektronika ITB.

Pusat Mikroelektronika ITB, Dorong Kembangkan Teknologi Mikroelektronika Indonesia

PAUMEDidirikan pada tahun 1986 dengan nama awal Pusat Antar Universitas Mikroelektronika (PAUME) terbentuk atas kerja sama Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan Bank Dunia. PAUME dibentuk dengan tujuan untuk menjadi pusat kegiatan bagi kalangan akademisi dan peneliti di bidang mikroelektronika.

Sejak tahun 1997, PAUME berubah nama menjadi Pusat Mikroelektronika ITB dengan koordinasi langsung dari lembaga penelitian ITB. Hal ini merupakan bentuk nyata perhatian dan upaya dalam mengembangkan bidang mikroelektronika untuk mengembangkan pendidikan dan menyokong kebutuhan industri nasional.

Bertempat di Gedung PAU lantai 4, Pusat Mikroelektronika ITB diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan kualitas riset perguruan tinggi yang berujung pada peningkatan intelektual dan kesejahteraan Indonesia.