Studium Generale ITB Membekali Mahasiswa Wawasan Pengetahuan Umum di Luar Bidang Studi

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) secara rutin menyelenggarakan KU-4078 Studium Generale ITB setiap hari Rabu. Kuliah umum ini menghadirkan banyak tokoh penting dan sosok inspiratif untuk memberikan wawasan atau pengetahuan umum di luar bidang studi mahasiswa.

Pada Semester II Tahun Akademik 2022/2023, Studium Generale ITB kembali diselenggarakan secara langsung dari Aula Barat Kampus ITB, Jalan Ganesha, Bandung, Rabu (18/1/2023). "Kita berharap agar mahasiswa bisa terinspirasi dari materi-materi serta menambah pengetahuan di luar bidang studi. Supaya punya perspektif dan wawasan yang lebar," kata Direktur Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S,Sn., M.Sn.

Melalui mata kuliah Studium Generale, mahasiswa dibekali wawasan umum tentang berbagai bidang, antara lain; kebangsaan, ekonomi, manajemen dan bisnis, state of the art of technology and science, kebudayaan, kemanusiaan, dan tren global yang sedang mengubah dunia.

Koordinator Mata Kuliah KU-4078 Studium Generale ITB, Ir. Hendri Syamsudin, M.Sc., Ph.D., menambahkan, bahwa Studium Generale ITB diselenggarakan dengan tujuan mencari inspirasi dari pengalaman, pemikiran, dan gagasan dari para tokoh di Indonesia.

"Kuliah ini diharapkan dapat membuka wawasan dan membangkitkan semangat kebangsaan mahasiswa agar dapat berpikir tentang bangsa dan negara, serta menempatkan diri sebagai bagian dari solusi atas tantangan dan kompleksitas persoalan yang dihadapi," ujarnya.

Hendri mengatakan, luaran atau outcomes dari kuliah umum studium generale ITB ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kepekaan, kesadaran, keinginan, dan kemanusiaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemandirian dan kemajuan bangsa. Setelah mengikuti studium generale setiap hari Rabu, mahasiswa selanjutnya akan membuat resume sebagai nilai di mata kuliah tersebut.


scan for download