Berita / Akademik

ITB Meraih 3 Emas, 4 Perak, 2 Perunggu dan 1 Favorit di Pimnas XXIV

Vernida Mufidah - Minggu, 24 Juli 2011, 13:51:03
Bandung, itb.ac.id - ITB meraih 3 emas dan 2 perak untuk kategori poster sedangkan untuk kategori presentasi penghargaan yang diraih adalah 2 perak, 2 perunggu dan 1 favorit dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV. Dengan perolehan medali ini ITB menempati peringkat ke-9 nasional pada ajang bergengsi mahasiswa nasional yang berlangsung pada Senin hingga Kamis (18-21/07/11) di Universitas Hasanuddin Makasar.
"Salam Ganesha! Bakti kami untukmu, Tuhan, bangsa dan almamater. Merdeka!" Teriakan itu berkali-kali dikumandangkan tiap kali kontingen dari ITB memenangkan medali. Dipimpin oleh Tizar Bijaksana sebagai Presiden Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, salam ganesha ini diikuti oleh para kontingen dengan semangat.

Peraih emas dari kategori poster didapatkan oleh tim PKMK yang dipimpin Yeris Permata Octarina dengan judul 'Jaketrans. Jaket Bertransformasi Sebagai Peluang Usaha Dunia Fashion Modern yang Praktis dan Inovatif', tim PKMT yang dipimpin oleh Mohammad Ikhsan dengan judul 'Penerapan Teknologi Perfilman untuk Sarana Publikasi Karya Institusi Pendidikan di Indonesia' dan tim PKMP yang dipimpin oleh Denli dengan judul Konversi Lignin Menjadi Surfaktan.

Untuk medali perak diraih oleh tim PKMP yang dipimpin oleh Habiburahman dengan judul Penggunaan B-Carotene, Rhodamine B dan Malachite Green Sebagai Bahan Semikonduktor Sel Surya dan PKMT yang dipimpin oleh Bani Idham Muttaqien dengan judul 'Pengembangan dan Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web (EB-SIG) Untuk Travel Wisata Asgar Muda'.

Sedangkan untuk kategori presentasi medali perak diraih oleh tim PKMT yang dipimpin oleh Mohammad Ikhsan dan tim PKMGT yang dipimpin oleh Shofarul Wustoni dengan judul 'Inovasi Proses Produksi Garam Untuk Kemandirian Indonesia'. Medali Perunggu diraih oleh tim PKMK yang dipimpin Yeris Permata Octarina dan PKMGT yang dipimpin Iswiati dengan judul 'Sistem Terpadu Peringatan Dini Bencana Kelautan di Pesisir Selatan Jawa Barat. Terakhir untuk juara favorit diraih oleh tim PKMT yang dipimpin Aditya Banuaji dengan judul 'Optimasi Peternakan Ayam dengan Menggunakan ACEF - Automatic Chicken Feeder'.