Wisuda Ketiga ITB 2010/2011: Lahirkan 1541 Lulusan Baru yang Siap Berkontribusi untuk Bangsa

Oleh Muhammad Fikri

Editor -

Wisuda Ketiga 2010/2011BANDUNG, itb.ac.id - ITB kembali menyelenggarakan Sidang Terbuka dalam rangka Wisuda Ketiga Tahun Akademik 2010/2011 pada Jumat-Sabtu (15-16/07/11) bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Jumlah lulusan pada wisuda kali ini sebanyak 1541 lulusan, yang diantaranya sebanyak 960 program sarjana, 567 program magister, dan 14 program doktor.

Rektor ITB, Prof. Akhmaloka membuka sidang terbuka dengan memimpin pengambilan janji para lulusan ITB dengan khidmat. Janji lulusan berisi untuk selalu mengabdikan ilmu yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan di ITB agar dapat bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa, perikemanusiaan, dan perdamaian dunia.

Setelah pengambilan janji lulusan, dilakukan pelantikan lulusan ITB oleh Rektor ITB. "Para lulusan yang hari ini dilantik adalah mahasiswa-mahasiswi ITB yang telah menyelesaikan semua persyaratan akademik dan administrasi dari setiap fakultas/sekolah," jelas Akhmaloka.

Dalam sambutannya, Akhmaloka menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada staf akademik dan nonakademik atas dedikasi yang tinggi dalam upaya mencetak para lulusan ITB. Rektor juga berpesan ITB selalu mempersiapkan lulusannya agar siap berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.

371 Cumlaude

Wakil rektor bidang akademik, Prof. Charmadi Machmub menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 371 lulusan kali ini yang lulus dengan predikat Yudisium Cumlaude. Penghargaan tersebut diraih 250 orang lulusan dari program sarjana, 116 orang lulusan dari program magister, dan 5 orang lulusan dari program doktor.

Di akhir acara sidang terbuka, Charmadi membacakan prestasi dan kesan-kesan para lulusan yang berpredikat Cumlaude sewaktu menempuh pendidikan tinggi di ITB. Salah satunya Edisti Nurfatia, lulusan program studi Oceanografi yang berasal dari SMA Negeri 8 Bandung.

"Pengorbanan dari SD, SMP, hingga SMA terbayarkan sudah di wisuda hari ini " ujar Charmadi menyampaikan kesan dari Edisti. Mahasiswi yang pernah aktif di kepanitiaan pemerimaan mahasiswa baru ini langsung meneruskan program magister S2 melalui jalur fast track - jalur di mana pendidikan sarjana dan magister ditempuh dalam waktu 5 tahun.

Arya Bayu Pangestu, wisudawan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen memiliki kesan yang berbeda dengan Edisti. Lulusan yang memiliki kegemaran bermain drama ini berkesan sepanjang berkuliah selalu didukung oleh fasilitas dan suasana yang kondusif di ITB.


scan for download