Wisuda Pertama ITB 2010/2011: Wujud Karya ITB bagi Masyarakat

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Wisuda pertama ITB tahun akademik 2010/2011 telah berlangsung. Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Ph.D memimpin langsung Sidang Terbuka Wisuda yang meluluskan 1806 mahasiswa ITB. "Selamat kepada para wisudawan program pendidikan Doktor, Magister, dan Sarjana atas keberhasilannya menyelesaikan studi di ITB," ujar Akhmaloka ketika resmi membuka sidang, pada Jumat-Sabtu (22-23/10/10) lalu di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB.

Dari 1.806 wisudawan program sarjana, magister, dan doktor, sebanyak 254 orang mendapatkan gelar Cum Laude: program doktor sebanyak 36 orang, program magister 56 orang; serta program sarjana sebanyak 178 orang. Gelar Cum Laude terbanyak diraih oleh SBM ITB dengan jumlah 81 dari 186 orang wisudawan.

Akhmaloka dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa lulusan ITB diharap bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. "Di dunia nyata nanti aspirasi dan inspirasi baru akan bermunculan secara terus menerus," jelas Akhmaloka. Dan pastinya akan menimbulkan peluang-peluang dan tantangan baru pula. Diharapkan kontribusi tidak hanya pada penerapan atau pengembangan iptek saja, tambah beliau.

Pada kesempatan ini, Akhmaloka juga mengucapkan selamat atas prestasi-prestasi yang diraih oleh putra-putri ITB periode Juli hingga Okteober 2010. Prestasi tersebut meliputi pencapaian membanggakan yang diraih oleh mahasiswa, dosen, dan unit-unit kemahasiswaan yang ada di ITB. Salah satunya, 17 mahasiswa program S1 yang terpilih menjadi partisipan Indonesian Model United Nation (IMUN) 2010. IMUN merupakan ajang simulasi sidang PBB yang digelar di Universitas Indonesia (23-27 Oktober 2010), diikuti oleh perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia.

Untuk prestasi dosen, Akhmaloka sangat mengapresiasi terpilihnya Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si sebagai Dosen Berprestasi Tingkat Nasional 2010. Beliau juga memuji peran Dr. Noorsalam R. Nganro dalam penemuan gunung api aktif setinggi 3.200 meter di kedalaman 1.900 meter di bawah Laut Sangihe, Sulawesi Utara.

Prosesi Sidang Terbuka secara keseluruhan berlangsung khidmat seperti pada wisuda-wisuda sebelumnya. Sidang Terbuka Wisuda dihadiri pula oleh Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, dan Majelis Guru Besar. "Lulusan ITB pendidikan sarjana, pascasarjana, dan magister dipersembahkan sebagai wujud karya ITB kepada masyarakat Indonesia," ujar Wakil Rektor Bidang Akedemik Prof. Dr. Carmadi Machbub.

 

Oleh : Hastri Royyani


scan for download