OSN PTI 2009: ITB Sebagai Wakil Jawa Barat

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Jumat (20/11/09), bertempat di Gedung Campus Center Timur, Pertamina melalui wakilnya, Machmud Subarnas dan Farid Akbar, memberikan apresiasi kepada pemenang Olimpiade Sains Nasional tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) 2009 Daerah Propinsi Jawa Barat yang kesemuanya berasal dari ITB. Prof. Akhmaloka, Dekan FMIPA sekaligus Rektor terpilih 2010-2014, hadir sebagai wakil ITB dalam acara penenerimaan penghargaan untuk para mahasiswanya.

Dalam sambutannya, Akhmaloka, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pertamina sebagai penyelenggara OSN-PTI 2009. Disampaikan pula ucapan selamat kepada seluruh pemenang atas keberhasilannya menjadi Juara OSN-PTI 2009 Daerah Propinsi Jawa Barat. "Semoga ini sebagai langkah awal untuk menjadi juara tingkat nasional," ujarnya.

Pemenang Seleksi Daerah Bidang Matematika:
Peringkat 1: R. Akbar Wibawa K dari Program Studi Matematika ITB
Peringkat 2: Afri Ariyadi dari Program Studi Matematika ITB
Peringkat 3: Hendra Hadhil Choiri dari Program Studi Teknik Informatika ITB.

Pemenang Seleksi Daerah Bidang Fisika:
Peringkat 1: Andika Putra dari Program Studi Fisika ITB.
Peringkat 2: Muhammad Firmansyah Kasim dari STEI ITB.
Peringkat 3: Nabila Khrisna Dewi Program Studi Fisika ITB.

Pemenang Seleksi Daerah Bidang Kimia:
Peringkat 1: B. Thendie Surya Saputra dari Program Studi Kimia ITB.
Peringkat 2: Citra Deliana Dewi S dari Program Studi Kimia.
Peringkat 3: Dimas Ramadhan Abdillah Fikri dari FTI ITB.

Pelaksanaan seleksi OSNPTI-2009 berlangsung pada Selasa (03/11/09) dengan total 226 peserta turut menyemarakkan acara tahunan ini. Seleksi diawali dengan sambutan dari Tata Pandaya, perwakilan pihak Pertamina sebagai pemrakarsa kegiatan. Dalam sambutannya Pandaya mengharapkan agar generasi muda jangan pernah pesimis akan masa depannya, melainkan harus lebih optimistis meraih peluang di masa depan.

Dari FMIPA ITB hadir Dr. Pudji Astuti, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA-ITB, yang berujar bahwa kegiatan ini sejalan dengan ITB sebagai perguruan tinggi yang berbasis research. Oleh karena itu, diharapkan kepada peserta agar dapat sharing informasi kepada teman-teman kuliahnya, sehingga akan menarik minat teman-temannya untuk mengikuti kegiatan ini di tahun-tahun mendatang.

Peserta yang lolos seleksi daerah akan kembali beradu kemampuan dengan peserta dari 33 Propinsi lainnya pada ajang nasional di Universitas Indonesia (04-08/11/09).

Profil OSN PTI

OSN-PTI adalah ajang penjaringan bibit unggul di bidang sains, utamanya Kimia, Fisika, dan Matematika di kalangan perguruan tinggi. Melalui ajang ini, pemenang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade Sains di tingkat internasional. Pada tahun 2008, OSN-PTI diikuti sebanyak 4.666 mahasiswa. Penyelenggaraan OSN-PTI 2009 terdiri dari empat tahapan, yakni pendaftaran, seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat nasional, dan penetapan pemenang.


scan for download