Wisuda Pertama Tahun Akademik 2009/2010

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Wisuda pertama ITB tahun akademik 2009/2010 menjadi agenda yang berbeda bagi Prof.Djoko Santoso, Rektor ITB 2005-2010. Di ujung masa baktinya sebagai rektor, Djoko Santoso menyambut 1481 lulusan program sarjana, magister, dan doktor dengan 218 diantaranya berpredikat cum laude. Pada 23-24 Oktober 2009 Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB menjadi saksi jumlah mahasiswa yang diwisuda terbanyak sepanjang sejarah ITB.

Berdasarkan PP 155/2000 tentang masa jabatan Rektor ITB yang diamanatkan MWA, Djoko Santoso memegang amanat selaku rektor ITB selama 5 tahun. Mendekati akhir masa jabatan, Djoko Santoso hadir memimpin agenda triwulan ITB: wisuda lulusan sarjana, magister, dan doktor. "Dengan penuh suka cita dan kebanggaan saya melaksanakan agenda wisuda lulusan kali ini," ujar Djoko dalam sambutannya.

Jumlah wisudawan semakin meningkat dari setiap periode wisuda dalam tahun-tahun terakhir. Menurut Djoko Santoso, hal ini mengindikasikan bahwa semakin banyak mahasiswa ITB yang berhasil lulus mendekati waktu yang telah ditetapkan sebagai masa lulus tepat waktu, 4 tahun.

Dimulai dari wisuda Oktober ini hingga seterusnya, wisuda ITB akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni hari pertama untuk mahasiswa magister dan doktor dan hari kedua dikhususkan untuk mahasiswa sarjana. Berikut data wisuda ITB periode pertama tahun akademik 2009/2010 yang berhasil dihimpun :

  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menjadi penyuplai wisudawan terbanyak sebesar 176 wisudawan atau 11,88% dari total wisudawan ITB.
  • Wisudawan perempuan Fakultas Teknologi Industri (FTI) terbanyak dibandingkan fakultas/Sekolah lainnya sebesar 73 wisudawan atau 13.74% dari total wisudawan perempuan ITB.
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) memiliki rasio wisudawan perempuan terhadap pria terbesar, yakni 5,36, berbanding terbalik dengan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara yang memiliki rasio wisudawan pria terhadap perempuan terbesar, yakni 11.
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) memiliki jumlah wisudawan cum laude terbanyak, 48 dari 169 total wisudawan SBM, atau 22% dari total wisudawan cum laude ITB.

Dalam setiap kesempatan wisuda, ITB selalu menyampaikan apresiasi kepada para sivitas akademika yang telah meraih penghargaan. Wisuda kali ini, apresiasi tersebut diberikan kepada sivitas yang berprestasi pada periode pertengahan dan akhir tahun 2009, termasuk yang belum sempat disampaikan pada wisuda peride sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • ITB menempati posisi kedua pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXII yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, 21-24 Juli 2009.
  • ITB melalui tim Astronic System meraih Juara Harapan I pada Kompetisi Roket Indonesia (Korindo) antar mahasiswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Yogyakarta, 14-16 Agustus 2009.
  • Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) meraih juara kedua bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan dalam Pemiliahan Peneliti Remaja Indonesia (PRRI) ke-8 yang diselenggarak oleh LIPI, Jakarta, 11 Agustus 2009.
  • Mahasiswa SBM memenangkan juara kedua dalam Kompetisi Nasional Simulasi Investasi Pasar Modal (KNPM) 2009, menyisihkan lebih dari 1000 peserta termasuk 100 peserta dari kalangan dosen.
  • ITB menjadi Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional bidan Teknologi Informasi dan Komunikasi (GeMasTIK) 2009 di Institut Teknologi Telkom, 7-8 Oktober 2009.
  • Enam perunggu pada ajang  kompetisi Internasional Scientific Olympiad in Chemistry (ISOC) dan Internasional Scientific Olympiad in Mathematics (ISOM) di Iran berhasil mahasiswa ITB peroleh.
  • Tim FTMD meraih penghargaan Best Pilot dalam ajang Japan Student Indoor Aerial Robot Contest pada 19-20 September 2009 di Chiba, Jepang.

 


scan for download