Berita / Utama

ITB Juara Umum geMasTIK 2009

habiburmuhaimin - Kamis, 15 Oktober 2009, 11:00:40
BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk kedua kalinya mengadakan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (geMasTIK). Final geMasTIK 2009 diselenggarakan sama seperti penyelenggaraan pertamanya -Institut Teknologi Telkom (ITT)- pada 7-8 Oktober 2009. Pagelaran yang bertemakan "Inovasi TIK untuk meningkatkan daya saing dan martabat bangsa" memutuskan ITB  sebagai juara umum geMasTIK 2009 dan berhak membawa pulang piala bergilir "SAMYAKBYA-PADESA-WIDYA".

Terbagi menjadi 8 kategori kontes, secara keseluruhan ITB memperoleh 5 medali dengan rincian 3 emas dan 2 perunggu, unggul dari ITT dan (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya) ITS sebagai juara 2 dan 3. Acara tahunan ini setidaknya diikuti sekitar 2.700 peserta yang berasal dari 104 perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai juara pertama ITB mengirimkan peserta sebanyak 139 mahasiswa jauh di bawah ITT yang berjumlah 621 mahasiswa dan ITS sejumlah 343 mahasiswa.

Distribusi Perolehan Medali-ITB

Kategori Data Mining Contest
Juara 1: Tim Paradise
Metri Annisa
Muhamad Hanief Meinanda
Narendi Muhandri

Juara 3: Tim RITME_NADA
Evan
Satya Fajar
Stevie Giovanni

Kategori Network Security Contest
Juara 1: Tim >:)(Devil)
Fernando Yosua
Hans Kristian
Yahya

Juara 3: Tim Nubi Hakeru
Edho Prima Arief
Muhammad Fiqri Muthohar
Nurul Ikhsan

Kategori Game Development Contest
Juara 1: Tim Cahaya
Aldilla Tienevy
Aloysius Adrian
Andru Putra Twinanda
Kaisar Siregar
Puja Pramudya

Kaisar Siregar, anggota Tim Cahaya, berujar, game yang dikembangkan oleh timnya merupakan game edukasi bertemakan kebudayaan yang menggunakan teknologi multipoint dari microsoft. "Satu komputer bisa pake banyak mouse, bisa main 6 player sekaligus dalam satu komputer," papar mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

geMasTIK

geMasTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2009, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Acara ini merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

 

foto:
gemastik.com

ittelkomtoday