ITB Raih Gelar Juara Umum Ajang GEMASTIK 8

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Rabu (28/10/15), bertempat di UGM (Universitas Gajah Mada), perwakilan ITB (Institut Teknologi Bandung) dalam ajang bergengsi Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2015 berhasil menyabet gelar juara umum. Pada pagelaran kedelapan ini, ITB berhasil meraih tiga emas dan tiga perunggu, diikuti oleh UGM dengan perolehan dua emas, dua perak dan dua perunggu. Melalui ajang bergengsi ini, ITB berhak atas piala bergilir yang disemboykan "Samyakbya-Padesa-Widya" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Informasi yang benar untuk pengetahuan".

GEMASTIK merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Pada tahun ini, GEMASTIK mengusung tema "Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari". Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional. Mahasiswa sebagai pilar penting dalam pembangunan Negara, diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan TIK, dan dapat mengembangkan potensinya besar sebagai agen perubahan melalui pengembangan IPTEK di masa kini dan masa yang akan datang.

Dalam ajang kali ini, diselenggarakan sembilan kategori lomba dan untuk setiap kategori tersebut ITB berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Untuk Kategori Piranti Cerdas, ITB berhasil meraih juara satu melalui Tim IC0S yang beranggotakan Gifari Kautsar (Teknik Informatika 2012), Marcelinus Henry Menori (Teknik Informatika 2012), dan Fahziar Riesad Wutono (Teknik Informatika 2012). Untuk Kategori Data Mining, ITB kembali meraih juara satu melalui Tim LapanDua dengan anggota Winson Waisakurnia (Teknik Informatika 2012), Willy (Teknik Informatika 2012), dan Susanti Gojali (Teknik Informatika 2012).

Selanjutnya, untuk Kategori Pengembangan Bisnis TIK, ITB meraih juara tiga melalui Tim Happy Three Friends yang beranggotakan Wira Gotama (Teknik Informatika 2012), Melvin Fonda (Teknik Informatika 2012), dan Darwin Prasetio (Teknik Informatika 2012); selanjutnya Kategori Desain UX, ITB meraih juara tiga melalui Tim YAKALEE dengan anggota Willy (Teknik Informatika 2012), Kanya Paramita (Teknik Informatika 2012), dan Vidia Anindhita (Teknik Informatika 2012); Kategori Programming, ITB meraih juara dua melalui Tim RJK dengan anggota Kevin Valensius (Teknik Informatika 2011), Ryan Ignatius Hadiwijaya (Teknik Informatika 2011), dan James Jaya (Teknik Informatika 2011), serta meraih juara tiga pada kategori yang sama melali Tim AINGE CP dengan anggota Luqman A. Siswanto (Teknik Informatika 2013), Muhammad Visat Sutarno (Teknik Informatika 2013), dan Wiwit Rifa'i (Teknik Informatika 2013).

Sumber foto: gemastik.ugm.ac.id


scan for download