Kuliah umum Lab on a chip

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Teknologi Industri ITB pada Selasa (19/05/09) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk "Lab-on-a-chip instrumentation for Indonesia" bertempat di Ruang Seminar Teknik Fisika, Gedung TP Rachmad.
Dr. Gea F. Parikesit, peneliti pada Laboratorium Aero dan Hidrodinamik, Technological University of Delft, Belanda, menjadi pembicara dalam kuliah ini. Dr. Gea, sarjana Teknik Fisika ITB tahun 2001, merupakan ahli fluida terkemuka. Kiprah anggota American Physical Society ini terdokumentasi dalam berbagai jurnal dan karya ilmiah internasional.

Istilah Lab on a chip pada kuliah ini merujuk pada penggunaan microchip, yang dapat seukuran perangko, sebagai tempat melakukan reaksi-reaksi kimia menggantikan fungsi laboratorium tradisional.  Sampel cairan biologi dan kimia disimpan kedalam wadah mini berukuran millimeter, ditransportasikan melalui jalur berukuran mikro dan bahkan nanometer namun sanggup menirukan proses seperti layaknya pada laboratorium tradisional.

Reaksi yang terjadi kemudian dideteksi dengan menggunakan teknik optikal dan video. Lab on a chip merupakan bidang multidisiplin. Melalui kuliah umum ini, Dr. Gea mendiskusikan relevansi penerapan teknologi mikro chip di Indonesia.

scan for download