Total Day : Kuliah Umum Manajemen Perubahan

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Rabu (15/10) di Auditorium Campus Centre Sayap Timur ITB, Ms Laurence Reckford, Project Manager Universite Total memberikan kuliah umum bertajuk "Change Management and Internal Communication" kepada sekitar 100 mahasiswa ITB dari berbagai jurusan dan angkatan.
Dalam kuliahnya Ms Reckford menekankan perubahan gaya pengelolaan perusahaan-perusahaan masa kini yang semakin dinamis. Oleh sebab itu, dibutuhkan individu-individu yang memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan perubahan dan bersaing dalam inovasi.

Kapasitas perubahan, kata Reckford, berarti mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang berasal dari lingkungan (external force) dan juga secara proaktif selalu mengembangkan kapasitas diri dalam persaingan. Perubahan berlangsung menerus dan bersifat strategis, multidimensi, mahal dan berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Dalam kuliahnya, wanita yang pernah terlibat sebagai communication affair proyek Total skala besar di Eropa ini banyak bercerita pengalamannya mengelola perubahan.

Kuliah umum yang berlangsung selama tiga jam merupakan bagian dari rangkaian acara Total Day untuk mahasiswa ITB yang diselenggarakan oleh korporasi minyak multinasional nomor tiga dunia, Total.

Dalam rangkaian acara yang sama, Rektor ITB Prof Djoko Santoso menyambut kedatangan General Manager Total E&P Indonesie, Philippe Armand. Dalam kesempatan ini rektor menandatangani nota kesepahaman kerjasama antara ITB dengan Total. Perusahaan minyak asal Perancis ini memberikan bantuan kerja sama pembangunan laboratorium korosi dan perbaikan kelas teknik perminyakan.

Total juga memberikan bantuan beasiswa kepada 25 mahasiswa teknik perminyakan ITB untuk mengambil program master, lima orang diantara penerima beasiswa tersebut telah dijamin diterima apabila mendaftar sebagai karyawan Total. Tiga orang lainnya akan mendapatkan beasiswa dari perusahaan Chevron.

scan for download