Kuliah Umum Bahas Isu Energi Global bersama Total

Oleh Hastri Royyani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB bekerja sama dengan Total E&P Indonesie menyelenggarakan kuliah umum di ITB. Usung dua tema "Oil & Gas and Energy Global Issues" dan "Project Management in Oil and Gas Industry", kuliah ini berlangsung pada Senin-Jumat (03-14/10/11) bertempat di Ruang Seminar lantai 3 Gedung PAU ITB.
Dekan FMIPA Prof. Umar Fauzi menuturkan, "Kuliah umum ini merupakan pembelajaran yang tidak biasa." Para profesional membagi pengetahuan yang bisa memperkaya cakrawala ilmu khususnya dalam bidang minyak dan gas.

"Bersama staf ahli Total, mahasiswa menjadi lebih mengetahui  seluk beluk industri minyak dan gas,"  ujar Koordinator Acara Dr. Veinardi Suendo. Sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan lebih mengenai dunia industri yang dapat menjadi bekal pengetahuan setelah lulus nanti.

Lebih dari 60 mahasiswa dari berbagai jurusan berpartisipasi dalam kuliah umum yang merupakan upaya Total E&P Indonesie dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia. Christian Gueritte mengajak mahasiswa membahas "Oil & Gas and Energy Global issues" dan Daniel Saincry menyampaikan materi mengenai "Project Management in Oil and Gas Industry."

Kedua pembicara tersebut berasal dari Total Professeurs Associes (TPA). TPA sendiri merupakan suatu organisasi non-profit yang terdiri dari 209 pengajar yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan minyak asal Perancis ini.

Dalam kuliahnya Daniel membahas mengenai perubahan gaya pengelolaan perusahaan-perusahaan masa kini yang semakin dinamis. "Sehingga dibutuhkan individu-individu yang memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan perubahan dan mampu bersaing dalam inovasi," ungkapnya.

Sektor energi juga masih menjadi tantangan utama dunia berupa peningkatan kebutuhan dan konsumsi yang tidak seimbang. Selain penghematan energi yang harus dlakukan, upaya diversifikasi sumber energi bisa menjadi solusi. "Saat ini penelitian mengenai sumber energi alternatif perlu dilakukan secara kontinu," ujar Gueritte.

scan for download