Wisuda Angkatan I Program Diploma Tiga Metrologi dan Instrumentasi ITB

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Diploma Tiga (D-3) Metrologi dan Instrumentasi ITB melaksanakan prosesi wisuda angkatan pertamanya sebanyak 46 orang pada Kamis (13/09/12) di Aula Barat ITB. Program yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia ini diharapkan dapat menjadi inisiasi dari pendidikan khusus dalam bidang metrologi. Prosesi ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Ardiyansyah Parman, Dekan FTI ITB, Prof. Hermawan K. Dipojono, Ph.D, dan Ketua Penyelenggara Program Pendidikan D-3 Metrologi dan Instrumentasi, Dr. Farida Idealistina Muchtadi. Dalam wisuda kali ini, Deva Andri Kusuma berhasil memperoleh gelar Lulusan Terbaik.

Program D-3 Metrologi dan Instrumentasi merupakan salah satu bentuk kerja bidang pendidikan antara FTI ITB, dibantu oleh Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa ITB dengan Balai Diklat Metrologi Departemen Perdagangan, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sejak tahun 2009 berdasarkan Surat Nomor: 757/SJ-DAG/8/2009. Program kerja sama pendidikan ini telah menerima mahasiswa sebanyak 3 angkatan, yaitu angkatan 2009, 2010, dan 2011, dengan bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Perdagangan.

Program ini diharapkan mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang metrologi yang profesional di seluruh Indonesia, yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pengukuran dan alat ukur. Program ini diselenggarakan juga dengan harapan untuk mengisi kekosongan tenaga ahli dalam bidang metrologi dan instumentasi di Indonesia.Untuk mencapai target tersebut, kurikulum D-3 Metrologi dan Instrumentasi dirancang agar terselenggara selama 6 semester, dengan beban akademik 110 Satuan Kredit Semester (SKS). Tiap semester terdiri atas 6-7 mata kuliah, dengan beban 16-19 SKS, yang terbagi menjadi kegiatan perkuliahan, praktikum, dan tutorial.

Dalam laporannya, Dr. Farida berharap lulusan D-3 Metrologi dan Instrumentasi dapat memberikan daya dorong dalam sektor ekonomi Indonesia. Salah satu contohnya adalah sebagai juru tera dengan kualitas dan akurasi yang terpercaya terhadap alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) yang digunakan untuk sistem jual-beli, baik di dalam negeri maupun dunia internasional. Tidak hanya itu, lulusan program D-3 ini diharapkan akan memiliki peran yang sangat krusial dalam pengujian alat UTTP yang ada di sektor perdagangan dan industri.


scan for download