UBV-ITB, Wadah Bagi Mahasiswa yang Ingin Menyalurkan Hobi Olahraga Voli

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id -- Olahraga Bola Voli memang cukup digemari di Indonesia. Tak terkecuali oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Berawal dari perkumpulan mahasiswa yang rutin bermain voli, akhirnya terbentuklah sebuah wadah bagi mahasiswa ITB untuk menyalurkan minatnya di bidang olahraga voli.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dinamakan Unit Bola Voli (UBV) ini baru diresmikan pada 2014. Meskipun usianya terbilang baru, tetapi kegiatannya sudah berjalan sejak 60 tahun yang lalu di kampus ini. Karena banyak mahasiswa ITB banyak minat di bola voli maka dibentuklah UBV sebagai UKM.

Selain fokus pada keterampilan bermain Voli, UBV juga aktif dalam berorganisai di lingkungan kampus. Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan mempererat hubungan antar anggotanya, UBV rutin mengadakan“Masor” atau main sore di lapangan voli, selain itu UBV juga rutin mengadakan UBV Day atau perayaan ulang tahun UBV dan syukuran wisuda anggotanya. 

UBV berpegang pada tiga prinsip yaitu bermain voli, kekeluargaan dan organisasi. “Ketiga prinsip ini adalah suatu kesatuan, kita tidak bisa berjalan tanpa ada salah satu dari prinsip ini. Bermain voli sudah jelas, karena kita unit bola voli, tetapi itu harus didukung dengan rasa kekeluargaan dalam berorganisasi,” kata Cici, salah satu anggota UBV. 

UBV turut mengikuti perkembangan pertandingan bola voli Asian Games 2018 yang sedang berlangsung walaupun tidak secara langsung terlibat di pertandingan. Setiap kali tim bola voli Indonesia bertanding mereka selalu memberikan dukungan meskipun hanya dari jarak jauh. “Kegiatan seperti ini dianggap penting selain untuk menambah wawasan bola voli juga untuk mempererat hubungan antar angggotanya,” katanya.

Gelar Turnamen

Sebagai UKM di bidang olahraga, UBV cukup sering mengadakan turnamen bola voli tahunan.Salah satunya adalah Turnamen Voli TPB CUP yang pesertanya terdiri atas perwakilan mahasiswa TPB ITB. Selain itu, UVB juga menyelenggarakan turnamen ITB CUP dengan peserta dari beberapa kampus di Indonesia seperti universitas Airlangga, Universias Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Tarumanegara.

Selain mengadakan turnamen, UBV-ITB juga banyak menjuarai pertandingan-perandingan bola voli. Salah satunya UBV berhasil meraih juara satu dalam Universitas Tarumanegara Cup selama tiga tahun berturut-turut. Selain itu UBV juga mendapat juara 3 Universitas Parahyangan Cup dan turut menjuarai juara 3 tim putra TPB cup yang mereka selenggarakan. 

Pada pelaksanaan Open House Unit ITB 2018 UBV cukup aktif mengajak mahasiswa baru untuk bergabung dengan mereka. Setiap tahunnya UBV berhasil mengajak lebih dari 100 oang pendaftar, bahkan pada tahun 2017, UBV berhasil tembus 300 orang pendaftar baru. “Semoga tahun ini lebih banyak lagi yang mendaftar, biar UBV semakin seru kegiatannya,” sahut Hatori, salah satu anggota yang menjaga stand UBV. 

Reporter: Shafire Anjani



scan for download