SPE ITB Kembali Juarai Kompetisi Cerdas Cermat se-Asia Pasifik

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Setelah menjuarai Petrobowl pada tahun-tahun sebelumnya, The Society of Petroleum Engineers (SPE) ITB kembali menyabet gelar juara pada Petrobowl 2013 tahun ini. Kompetisi cerdas cermat di bidang oil and gas industry se-Asia Pasifik ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Asia Pacific Oil & Gas Conference and Exhibition (APOGCE) 2013. Bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC), 6 mahasiswa terpilih dari program studi Teknik Perminyakan mewakili ITB untuk berkompetisi pada ajang yang digelar pada Senin-Rabu (22-24/10/13).

APOGCE 2013 adalah sebuah acara tahunan yang diadakan oleh SPE International. Bertujuan untuk menjalin hubungan baik antar SPE Student Chapter se-Asia Pasifik, APOGCE rutin digelar tiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah "Maximising the Mature, Elevating the Young". APOGCE sendiri merupakan serangkaian acara yang terdiri dari konferensi, presentasi paper, dan Petrobowl. Tahun ini, SPE ITB memperoleh undangan langsung dari panitia penyelenggara APOGCE 2013 untuk berpartisipasi dan berkompetisi pada Petrobowl.

Pada kompetisi cerdas cermat ini, tim-tim dari ITB berkompetisi dengan 20 tim lainnya dari beberapa universitas baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa universitas yang mengikuti kompetisi ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Trisakti, Universitas Pembangunan Nasional Jogjakarta, STT Migas, serta universitas-universitas lainnya dari Malaysia, China, Thailand, Filipina. ITB pun mengirimkan 2 tim yang diperoleh dari seleksi yang ketat melalui Divisi Kompetisi dan Manajemen dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan.

Tim dari ITB yang diwakili oleh Bella Astari, Muiszuddin Shidqi, dan Jhon Victor berhasil mengungguli tim-tim dari berbagai universitas tersebut dan menyabet juara pertama setelah bersaing dengan ketat melalui 4 babak penyisihan, 2 babak semifinal, dan babak final. Menurut Iqbal Tri Putra, salah satu perwakilan ITB pada kompetisi Petrobowl 2013 ini, begitu banyak hal-hal berkesan yang diperoleh dari mengikuti kompetisi ini. "Kami dapat memperluas pertemanan dengan mahasiswa Teknik Perminyakan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, selain memperoleh kesempatan untuk berkenalan dengan para petinggi Oil Company yang ada di Indonesia," tuturnya.


scan for download