Silaturahmi Idulfitri STEI ITB, Meningkatkan Sinergitas dengan Totalitas

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id–Keluarga Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara Silaturahmi Idulfitri 1444 H pada Kamis (4/5/2023) di Ruang Multipurpose Hall Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) ITB.

Kegiatan ini menghadirkan Ustaz Dr. Drs. Asep Zaenal Ausop, M.Ag., sebagai narasumber. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran dan sambutan dari Dekan STEI ITB, Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T.

Ustaz Dr. Drs. Asep Zaenal Ausop, M.Ag menyampaikan tausiah berjudul “Silaturahmi 11 Dimensi dalam Rangka Meningkatkan Sinergitas yang Totalitas”. Dalam Islam, kata Asep, tubuh manusia terdiri dari 11 dimensi. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita bersilaturahmi dengan tubuh kita secara keseluruhan termasuk dengan kesebelas dimensi tersebut.

Kesebelas dimensi yang dimaksud oleh Ustaz tersebut yaitu, dimensi jasad (physical), dimensi nafsu, dimensi ruh, dimensi qolbu, dimensi akal, dimensi otak, dimensi fuad (nurani), dimensi syaghaf atau karakter, dimensi inti (memadukan zikir dan pikir), dimensi rahasia, dan dimensi anna (yaitu ketika kita berbicara tidak lagi mengedepankan ego tetapi berbicara dengan nilai transendental).

Ustaz Asep kemudian menambahkan, bahwa jika kita sebagai manusia mampu memiliki kesebelas dimensi tersebut dalam diri kita, maka akan terjadi sinergi totalitas pada dunia dan akhirat. Saat ini, kita memiliki tiga dimensi, yaitu otak, emosi, dan spiritual.

Menutup tausiahnya, Ustaz Asep juga mengajak untuk terus berusaha mencapai 11 dimensi dalam bersilaturahmi dalam hidup. Dengan demikian, maka kita akan mencapai sinergi yang totalitas, dan membawa kebaikan dalam dunia maupun dalam akhirat nantinya.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download