Semangat Kebersamaan Interaksi SAPPK 2008

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kaderisasi kini bukanlah sesuatu yang bercitra mengerikan dan ajang senioritas, namun merupakan interaksi kebersamaan dan keakraban dengan para senior yang tergabung dalam himpunan atau ikatan mahasiswa satu jurusan. Ini lah yang menjadi tujuan diadakannya SKETSA (Semangat Kebersamaan Interaksi SAPPK) 2008 yang diadakan oleh mahasiswa SAPPK angkatan 2007 untuk mahasiswa SAPPK (Sekolah Arsitektur dan Perencanaan Pengembangan Kebijakan) angkatan 2008, pada tanggal 1-7 Juni 2009 bertempat di kampus ITB.
Kegiatan yang dilakukan berupa pembekalan materi dan games. Peserta yang terdiri dari 180 orang mahasiswa SAPPK 2008 ini dibagi menjadi 15 kelompok yang masing-masing didampingi oleh dua orang mentor dari mahasiswa jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota. Setiap hari terdapat kegiatan lingkar wacana bersama para mentor untuk berdiskusi mengenai materi-materi yang telah didapatkan sekaligus mempererat keakraban dengan anggota kelompok. Materi-materi yang diberikan antara lain mengenai; peran mahasiswa, kesadaran berorganisasi, dan  pengarahan masa depan berdasarkan jurusan yang mereka pilih.

Malam Keakraban ''LampuDisk08''

Di malam terakhir kegiatan SKETSA, mahasiswa SAPPK 2008 mengadakan malam keakraban (disingkat Makrab-red) bertema ''Retro'' untuk para mahasiswa SAPPK 2008 dan mahasiswa-mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota tahun-tahun sebelumnya. Tujuan diadakan makrab ini agar keakraban antara panitia dan peserta semakin terwujud melalui malam hiburan untuk bersama.

Terdapat games-games menarik, seperti meniru gerakan tarian di video, menyanyikan lagu-lagu populer masa kini dan penampilan band-band dari panitia, peserta, dan campuran. Acara diakhiri dengan penampilan peserta SKETSA 2008 yang membawakan tarian dengan lagu yang dinyanyikan Michael Jackson.

Melalui SKETSA 2008 ini, diharapkan dapat mengubah pandangan orang yang menganggap bahwa kaderisasi bukanlah suatu hal yang mengerikan namun dapat menambah keakraban antara peserta dan panitia sambil menyampaikan materi-materi keorganisasian melalui kegiatan-kegiatan yang menarik.

scan for download