SEG ITB SC Lakukan Kunjungan Studi Lapangan ke PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Caption: Mahasiswa ITB melakukan kunjungan studi lapangan ke PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Selasa (27/2/2024). (Dok. SEG ITB SC)

INDRAMAYU, itb.ac.id - Society of Exploration Geophysicists Institut Teknologi Bandung Student Chapter (SEG ITB SC) mengadakan kunjungan studi lapangan ke sumur Akasia Bagus, PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Indramayu, Jawa Barat, pada Selasa (27/2/2024).

SEG ITB SC sendiri adalah organisasi non profit yang mewadahi minat mahasiswa ITB dalam bidang Teknik Geofisika.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang praktik dan proses di lapangan dalam industri migas. PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field menjadi pilihan tempat kunjungan studi karena peran pentingnya eksplorasi dan produksi dalam sektor migas di Indonesia.

Selain itu, PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field juga menerapkan teknologi Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS) pertama dengan menginjeksikan CO2.

Caption: Penyampaian sambutan dan profil perusahaan oleh tim PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field yang berkolaborasi dengan program studi Teknik Geofisika ITB. (Dok. SEG ITB SC)

Kunjungan diawali dengan sambutan dari Asisten Manager Teknik Perminyakan PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Saifudin Zuhri, S.T., M.B.A., dan dosen pembimbing field trip sekaligus perwakilan dosen dari program studi Teknik Geofisika dan SEG ITB SC, Rexha Verdhora Ry, S.T., M.T. Setelah itu dilanjutkan sesi pemaparan profil perusahaan PT Pertamina.

“PT Pertamina EP hadir dengan misinya melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha sektor hulu minyak dan gas bumi secara profesional dan berdaya laba tinggi, serta memberikan nilai tambah bagi stakeholder,” ujar Saifudin.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Offshore Maintenance Sr. Spv. Pertamina EP Jawa Barat, Ibnu Affan, S.T., M.T., mengenai diagram alir minyak onshore operation dan plan of development project Akasia Bagus. “Diagram alir berlangsung mulai dari scrubber, separator, dan dilanjutkan dengan beberapa proses lainnya hingga berakhir di tanker,” ujarnya.

Caption: Beberapa mahasiswa sedang menyimak pembahasan dari pemateri di lapangan Jatibarang PT Pertamina EP Asset 3. (Dok. SEG ITB SC)

Rangkaian kegiatan ditutup dengan sesi company tour. Mahasiswa berkunjung ke bagian sumur dan lapangan Akasia Bagus yang dipandu oleh tim PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field.

Mahasiswa terlihat antusias pada kunjungan ini, nampak dari mereka yang aktif bertanya mengenai hal-hal terkait bidang minyak dan gas bumi. Termasuk terkait prospek pekerjaan di bidang ini.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri dan mengenal budaya dalam bekerja.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download