Reinovasi: Renovasi dan Inovasi Taman Cascade Bandung oleh Mahasiswa TPB SAPPK

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB), merealisasikan program pengabdian masyarakat melalui kegiatan “Reinovasi”.

Reinovasi merupakan gabungan dari kata renovasi dan inovasi. Ini merupakan program kerja Sosial Masyarakat TPB SAPPK 2020. Istilah tersebut bermakna langkah nyata keilmuan mahasiswa di bidang perencanaan dan arsitektur untuk memperbaiki sekaligus memberikan inovasi di suatu lahan masyarakat.

Pada pelaksanaannya, Reinovasi dilakukan di Taman Cascade, Kota Bandung dari mulai 19 Mei hingga 7 Juni 2023. Sesi pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan SAPPK, Wakil Dekan SAPPK bidang Akademik, Pustakawan Ahli Maja Disarpus Bandung, Sekretaris Dinas PP3A beserta seluruh pihak terkait dari Tamansari.

Program ini diinisiasi lebih dari 3 bulan lamanya. Konsep yang diusung adalah place making, yakni untuk memaksimalkan fungsi dari suatu lahan. Dalam prosesnya, kegiatan ini tidak hanya melibatkan panitia Reinovasi saja, massa SAPPK angkatan 2022 dan warga sekitar Taman Cascade juga ikut berkolaborasi bersama.

Latar belakang dipilih Taman Cascade, karena pengelola sudah memiliki gambaran ke depan untuk taman tersebut, sehingga mahasiswa TPB SAPPK membantu mewujudkan harapan tersebut.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua yaitu perubahan akses dari tempat parkir menjadi taman, tribun, serta tempat duduk untuk masyarakat sekitar. Tangga yang tadinya terbengkalai diubah menjadi tribun tempat kuliner juga. Kemudian, memperbaiki taman dengan menambahkan ornamen dan memaksimalkan fungsinya untuk tempat bermain anak-anak.

Di sana juga terdapat pondok anak yang letaknya dekat dengan sungai. Hal tersebut membuat mereka ingin merenovasi agar tempat tersebut lebih aman dan menarik minat anak-anak. Selain itu, buku-buku juga akan disalurkan ke pondok tersebut.


Wakil ketua pelaksana program ini, Naia, mengatakan bahwa anak-anak di sana cukup banyak, namun sering bermain tanah. Kemudian, mereka membuat suatu dinding interaktif di taman tersebut. Nantinya, anak-anak diharapkan dapat lebih sering ke taman dengan adanya dinding tersebut.

“Semoga reinovasi bisa memberikan pengalaman baru bagi TPB SAPPK 2022. Karena ini program kerja yang applicable banget. Harapan kedepannya semoga lebih banyak lagi elemen yang terlibat dalam kolaborasi ini,” ucap Naia.

Reporter: Yohana Aprilianna ( Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download